Lezat dari Ranah Minang

Palai Badar, Pepes Teri Khas Minang yang Gurih Harum

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Mar 2019 18:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sama-sama dimasak dengan balutan daun pisang, Minang juga punya sajian pepes ikan enak. Bumbunya komplet dan meresap ke dalam pepesan.

Pepes merupakan teknik memasak yang sangat umum dan dapat dijumpai di semua daerah di Indonesia. Akan tetapi, pepes yang sangat populer adalah pepes dari Sunda. Di daerah ini, pepes disajikan dengan paduan ikan asin, teri, tahu, ayam hingga jamur.

Palai Badar, Pepes Teri Khas Minang yang Gurih HarumFoto: Dok.detikFood

Pepes ikan dari Sunda biasanya memakai ikan mas. Banyak yang meracik pepes ikan dengan versi duri lunak. Bumbu yang digunakan untuk pepes khas Sunda adalah jahe, kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, gula pasir, garam dan asam Jawa. Ada juga bumbu lain seperti serai dan daun salam.

Baca juga: Dimasak Dalam Balutan Daun Pisang, Pepes Ikan Mas Jadi Gurih Meresap

Sedangkan pepes Minang yang dikenal dengan nama Palai Bada ini juga tak kalah enak. Palai Bada merupakan pepes ikan teri basahatau teri segar yang dicampur dengan parutan kelapa. Selain itu, ada juga bumbu pelengkapnya berupa daun kunyit, cabai, daun serai, lengkuas dan asam.

Palai Badar, Pepes Teri Khas Minang yang Gurih HarumFoto: Istimewa

Teri basah yang sudah dicampur dengan bumbu, dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dibakar di atas arang sabut kelapa. Pembakaran dilakukan hingga bungkus daun pisangnya hangus namun bagian dalamnya tetap terjaga. Ini dapat menghasilkan aroma yang sedap.

Palai Bada ini sangat enak dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. Bisa juga dipadu dengan daun singkong rebus dengan paduan sambal lado mudo. Dijamin enak dan mantap!

Baca juga: Pedas Gurih Pepes Udang dan Ikan yang Praktis dan Enak (lus/odi)