Buntut Kasus Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Terancam Bangkrut

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 13:03 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah 20 tahun bersama, Batali dan Bastianich Hospitality Group mengakhiri kerjasama. Batali tak lagi memiliki saham di 16 restoran yang ada di grup tersebut.

Akhir tahun lalu, selebriti chef Mario Batali tersandung kasus pelecehan seksual. Ia dituntut 4 wanita atas perlakuan tak senonoh. Keempat wanita itu juga mengaku bahwa hal tersebut sudah berlangsung lama.

Menurut Eater, tiga wanita yang melaporkan kejadian itu adalah orang yang bekerja untuk Batali. Sementara seorang wanita lainnya adalah mantan karyawan Batali. Mereka mengatakan selama dua tahun belakangan Batali sering menarik tubuhnya dan memeluk erat dari belakang.

Buntut Kasus Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Terancam BangkrutFoto: Istimewa

Terkait hal ini, Batali justru tidak menyangkalnya tapi malah mengungkapkan kalimat permohonan maaf. Ia berujar, "Saya minta maaf. Meskipun identitas wanita yang mengadu ini tidak diungkapkan kepada Saya tapi saya akui memang sering melakukan itu pada banyak orang. Saya sadar itu perbuatan yang salah dan saya sangat menyesal jika ada pihak yang merasa tersakiti, terhina atau bahkan merasa tidak nyaman. Ini saya ungkapkan untuk seluruh rekan, karyawan, pelanggan, teman bahkan keluarga."

Surat permohonan maaf juga ia tulis dan unggah di situs resmi miliknya. Batali bahkan melampirkan resep pembuatan 'Pizza Dough Cinnamon Roll'.

Baca juga:Cantumkan Resep Dessert di Permintaan Maaf, Mario Batali Dikritik Netizen

Buntut Kasus Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Terancam BangkrutFoto: Istimewa

Saat itu, kasus tersebut menggegerlan industri kuliner. Rekan sesama chef bahkan menyayangkan prilaku Batali. Tak terkecuali mendiang Anthony Bourdain.

Karena kasus ini pula, Batali mundur sebagai chef dan mengakhiri kontrak sebagai Co-host di acara The Chew. Tak sampai di situ, kemunduran Batali di dunia kuliner tampak semakin terlihat.

Sebab kini, dikabarkan Food & Wine (6/3), Batali tak lagi menjalani kontrak dengan Bastianich Hospitality Group. Itu berarti sebanyak 16 restoran yang tergabung dalam Batali & Bastianich Hospitality Group tidak lagi memberikan pemasukan tetap pada kantong Batali.

Buntut Kasus Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Terancam BangkrutFoto: Istimewa

Sebaliknya, restoran-restoran tersebut justru akan dijalankan oleh Tanya Bastianich Manuali, tentunya dengan nama yang berbeda. Sebab Manuali dan saudaranya, Joe Bastianich sudah membeli semua saham milik Batali.

Chris Giglio selaku juru bicara Eataly mengatakan bahwa Batali divestasi dari grup restoran itu. "Eataly sedang dalam proses mengakuisisi hak minoritas Batali di Eataly USA," jelasnya pada Times.

Baca juga: Melihat Tanggapan Para Chef Ternama Soal Kasus Mario Batali (dwa/odi)