Melihat Tanggapan Para Chef Ternama Soal Kasus Mario Batali

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Des 2017 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kabar mengejutkan tentang Mario Batali juga sampai di telinga rekan chef-nya. Mulai dari Anthony Bourdain hingga Eric Ripert.

Kasus Mario Batali seolah jadi 'pukulan' bagi industri kuliner. Bagaimana tidak, prestasi chef kenamaan Amerika berdarah Italia ini seolah runtuh dalam sekejap karena dugaan pelecehan seksual yang ditujukan padanya.

Empat wanita menuntut chef 57 tahun ini karena tindakan senonoh yang dilakukan Batali pada mereka. Ada yang mengaku kerap dipeluk dari belakang dan ada yang mengaku dadanya diraba.

Melihat Tanggapan Para Chef Ternama Soal Kasus Mario BataliAnthony Bourdain Berkomentar Soal Kasus Mario Batali (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Terkait Kasus Pelecehan Seksual, Crocs Tegaskan Tak Lagi Kerja Sama dengan Mario Batali

Anthony Bourdain, rekan chef Batali, tergolong yang paling vokal menyuarakan pendapatnya. Saat pertama kali mendengar berita ini, ia merasa sangat bersalah karena tidak mengetahui lebih cepat.

Ia sempat berkicau di Twitter mengenai hari Senin yang akan sangat kacau sehubungan berita tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Batali. Bourdain juga menulis, "It's Batali, and it's bad."

Giada De Laurentiis juga sempat dimintai komentarnya. Pengisi acara Food Network ini berkomentar, "Ini jelas saatnya untuk membersihkan." Saat ditanya apakah berita ini mengejutkan dirinya, ia hanya mengangkat bahu.

Melihat Tanggapan Para Chef Ternama Soal Kasus Mario BataliBegitu Juga dengan Giada De Laurentiis yang Menyuarakan Pendapatnya (Foto: Istimewa)

Berbeda dengan Nancy Silverton yang merupakan rekan Batali. Ia mengaku sedih mendengar kasus yang menimpa temannya ini. Baginya Batali adalah sosok mentor, rekan dan teman. Mereka punya cinta yang sama untuk membagikan tradisi Italia pada banyak orang.

Namun Silverton juga mengaku tak bisa menerima kasus pelecehan seksual di tempat kerja. Apapun bentuknya, Silverton tidak setuju.

Baca Juga: Setelah Crocs, Eataly Kini Menarik Produk yang Terkait Mario Batali

Sementara itu, Tom Colicchio yang terkenal tak terlalu dekat dengan Batali mengatakan, "Dan tidak ada yang harus terkejut." Sebelumnya ia juga pernah menulis surat terbuka pada chef pria di Medium. Isinya menginginkan agar industri kuliner bisa jadi tempat untuk semua orang merasa nyaman, tak peduli apa gendernya.

Melihat Tanggapan Para Chef Ternama Soal Kasus Mario BataliEric Ripert Memilih Mengunggah Quote untuk Berkomentar (Foto: Istimewa)

Tak ketinggalan Eric Ripert, chef Prancis ikut berkomentar. Ia memberi keterangan "a few words" pada unggahan foto quote-nya di Twitter.

Quote itu berisi pentingnya memperlakukan orang dengan baik. Ia tidak menoleransi perbuatan tak menyenangkan di restorannya. "Standar moral yang lebih tinggi harus diberlakukan dan tidak ada pengecualian," bunyi penggalan quote itu.

(adr/adr)