Lezat dari Ranah Minang

Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan Ini

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 11:42 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Kapau merupakan wilayah yang ada di pinggiran Bukittinggi, Sumatra Barat. Di sini terkenal dengan hidangan khasnya, salah satunya gulai tambusu yang gurih berbumbu.

Berbeda dengan rumah makan Padang, rumah makan khas Kapau ini biasanya memiliki menu yang sedikit berbeda. Salah satu menu nasi Kapau yang populer, ada gulai tambusu. Gulai ini berkuah kental, dari usus sapi yang diisi telur kocok berbumbu, dan kadang ditambah dengan tahu yang dilumatkan.

Saking unik dna populernya tambusu, di wilayah Jakarta dan sekitarnya pun ada rumah makan yang menawarkan gulai tambusu enak.


1. Sabana Nasi Kapau

Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan IniFoto: dok. detikFood/Istimewa
Berdiri sejak 1988, Sabana Nasi Kapau di kawasan Melawai bisa jadi pilihan tempat makan yang mengenyangkan. Restoran ini menghadirkan puluhan aneka menu Minang lezat

Salah satu menu andalannya ada gulai tambusu, yang potongannya mirip seperti sosis melingkar. Kuah gulai berwarna oranye, dengan tekstur empuk dan sedikit kenyal. Rasanya sedikit asam tapi gurih. Selain gulai tambusu, terdapat juga pilihan lauk lainnya seperti ayam bakar, udang balado, dendeng, hingga paru.

Restoran Sabana Nasi Kapau
Jl. Melawai Raya No. 21A.
Melawai, Jakarta Selatan.
Telepon: 021 7394038


2. Nasi Kapau Hj. Zaidar

Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan IniFoto: dok. detikFood
Berkunjung ke wilayah Kramat Raya, ada salah satu tempat makan nasi kapau yang enak dan terkenal di Jakarta. Gerai Hj. Zaidar selalu dipenuhi oleh pengunjung, yang dimanjakan dengan pilihan lebih dari 50 hidangan khas nagari Kapau.

Dari beberapa menunya, gulai tambusu selalu menjadi salah satu menu yang paling digemari pengunjung. Di sini gulai tambusu diracik dari campuran tahu dan telur yang dihaluskan, kemudian diolah ke dalam usus sapi dan disiram kuah gulai encer yang sedikit asam. Selain tambusu, ada juga menu itiak lado hingga gulai jeroan yang enak.

Nasi Kapau Hj. Zaidar
Jl. Kramat Raya, No, RT.4/RW.2.
Senen, Jakarta Pusat.
Telp: 0813-8442-0072

Baca Juga: Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai Tambusu


3. Nasi Kapau Uni Upik
Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan IniFoto: dok. detikFood/Istimewa
Masih di sekitar Kramat Raya, ada gerai nasi Kapau Uni Upik yang menyajikan lebih dari 40 hidangan khas Kapau dalam kuali besar. Di sini menu andalannya ada gulai itiak cabe hijau, gulai tunjang, dan tentunya gulai tambusu.

Mirip dengan gulai tambusu lainnya, Uni Upik juga mengisi usus sapi dengan telur, dan racikan bumbu gulai tambusu yang khas. Apalagi jika gulai disantap dengan nasi putih hangat. Porsi makanannya juga royal, jadi siapkan perut sebelum berkunjung ke sini.

Nasi Kapau Uni Upik
Jl. Kramat Raya No.11-13, RT.4/RW.2.
Senen, Kota Jakarta Pusat.


4. Kedai Pak Ciman

Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan IniFoto: dok. detikFood/Istimewa
Melipir sedikit ke wilayah Bintaro, ada restoran Kedai Pak Ciman yang menawarkan nasi Kapau dengan konsep resto. Terletak di Bintaro Avenue, restoran ini jadi destinasi hits bagi para penggemar kuliner Minang.

Di sini salah satu menu yang paling populer ada gulai tambusu. Banyak YouTuber yang mengulas gulai tambusu di sini, karena bentuk tambusu yang besar, lalu diisi dengan telur dan tahu gurih.

Kedai Pak Ciman
Bintaro Avenue, Lantai 2.
JL. MH Thamrin Blok A2, Bintaro, Tanggerang Selatan.
Telp: 021 22215800


5. Nasi Kapau Pandan Basasak

Lamaknyo! Gulai Tambusu yang Gurih Lembut Ada di 5 Rumah Makan IniFoto: dok. detikFood/Istimewa
Di wilayah Kramat Raya memang gudangnya aneka nasi Kapau. Di Nasi Kapau Pandan Basasak, tersedia beragam menu makanan enak khas Minang. Seperti terung balado, ayam bakar, dendeng, hingga kepala kakap.

Tak boleh terlewatkan menu gulai tambusunya, di sini gulai tambusunya benar-benar hanya berisi telur, dan tidak dicampur dengan tahu. Kuah gulainya juga gurih, apalagi jika dipadukan dengan dendeng dan nasi putih hangat. Rasanya semakin mantap!

Nasi Kapau Pandan Basasak
Jl. Kramat Raya No. 23C.
Senen, Jakarta Pusat.
Telp: 0812-1039-4280

Baca Juga: 7 Jenis Gulai Enak dari Minang, Mana yang Kamu Suka? (sob/odi)