Lezat Dari Ranah Minang

Sama-Sama Enak, Ini Beda Dendeng Balado dan Dendeng Batokok

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 06 Mar 2019 14:06 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Meski populer, banyak yang belum tahu perbedaan antara 'Dendeng Balado' dan 'Dendeng Batokok'. Keduanya diolah dan dilumuri dengan sambal yang berbeda.

Minang punya banyak olahan daging sapi lezat. Contohnya saja rendang dan dendeng. Sama seperti rendang, dendeng juga punya banyak penggemar.

Sama-Sama Enak, Ini Beda Dendeng Balado dan Dendeng BatokokFoto: detikfood

Irisan daging sapi tipis yang direbus dengan bumbu lalu digoreng hingga kering itu ternyata tak hanya enak diberi sambal balado. Tapi juga enak dipadu dengan cabai hijau alias lado mudo.

Ada dua jenis dendeng yang populer di masyrakat, yakni 'Dendeng Balado' dan 'Dendeng Batokok'. Meski sudah tak asing lagi, apa sebenarnya perbedaan dari dua jenis dendeng ini?

Sama-Sama Enak, Ini Beda Dendeng Balado dan Dendeng BatokokFoto: detikFood

Dendeng balado, berupa irisan daging sapi tipis, lebar, dan kering. Kemudian disiram dengan sambal cabai merah. Dalam proses pembuatannya, daging direbus lalu dijemur dan digoreng hingga garing.

Sedangkan sambal baladonya dibuat dengan perpaduan cabai merah, bawang merah, garam yang ditumis harum dengan jejak minyak kemerahan. Dendeng yang satu ini mudah dijumpai di banyak rumah makan Padang.

Baca juga: Enaknya Menikmati Pedas Renyah Dendeng Balado di Tempat Ini

Lalu bagaimana dengan 'Dendeng Batokok'. Tokok dalam Bahasa Minang memiliki arti 'memukul'. Jadi, dendeng batokok berisi daging sapi yang sudah direbus dengan bumbu lalu dipukul-pukul sehingga dagingnya menjadi pipih. Masyarakat Minang lebih sering memukul daging dendeng dengan batu ulekan.

Sama-Sama Enak, Ini Beda Dendeng Balado dan Dendeng BatokokFoto: detikFood

Dengan adanya proses pemukulan daging hingga pipih, bumbu yang ada akan lebih meresap ke dalam daging. Tak heran kalau Dendeng Batokok punya rasa bumbu yang kuat. Dendeng batokok sendiri bisa diolah dengan cara direbus, dibakar ataupun digoreng tapi tidak sampai garing.

Untuk dendeng batokok bakar, awalnya daging yang sudah dipotong direbus dan dipukul hingga pipih. Setelahnya, barulah daging tadi dilumuri bumbu dan dibakar di atas arang kelapa hingga matang.

Sama-Sama Enak, Ini Beda Dendeng Balado dan Dendeng BatokokFoto: dok. detikFood

Tak heran kalau dendeng batokok bakar memiliki aroma yang lebih harum. Jika ada di rumah makan, dendeng yang satu ini paling laris dibeli.

Berbeda dengan Dendeng Balado, Dendeng Batokok justru kerap dilumuri sambal cabe hijau atau lado mudo. Sambal lado mudo merupakan sambal yang terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan garam yang diulek kasar. Meski begitu, sebagian orang juga menyukai Dendeng Batokok yang dilumuri sambal balado biasa.

Kalau kamu, tim Dendeng Balado atau Dendeng Batokok?

Baca juga: Tambah Selera Makan dengan Dendeng Batokok Sedap di 5 Tempat Ini (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com