Rekomendasi Makan Siang

Tambah Selera Makan dengan Dendeng Batokok Sedap di 5 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Jul 2016 11:37 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Daging berlumur sambal hijau khas Minang ini bisa jadi pilihan. Gurihnya rempah serta pedasnya cabai hijau sangat enak disantap dengan nasi hangat. Yuk, cicip di tempat ini!

Dendeng batokok merupakan masakan asli Minang yang berasal dari kata 'tokok' alias dipukul. Untuk menghasilkan tekstur yang lebih empuk, daging memang dipukul-pukul terlebih dahulu.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu, terlebih dahulu daging dibakar di atas arang kelapa hingga matang. Setelah itu baru daging disirami lado mudo, bawang merah, garam serta dikucuri air jeruk nipis. Untuk mencicipnya, Anda bisa mencoba di beberapa restoran khas Minang berikut ini.

1. Indah Jaya Minang
Di kawasan Alam Sutra, Tangerang Anda bisa menikmati berbagai macam lauk pauk enak. Jika Anda mampir ke sini, Anda akan langsung disambut dengan piring-piring putih yang berisi aneka lauk tertata di atas meja.

Menunya ada rendang daging, rendang ayam, ikan lado mudo, sambal lado mudo, dendeng balado hingga dendeng batokok yang sedap. Dendeng batokok menjadi salah satu lauk yang enak disantap siang hari.

Cincangan cabai hijau yang kasar plus tomat hijau, rasanya gurih enak. Semakin pas disantap dengan sambal ijo dan nasi khas Solok yang spesial dari rumah makan ini. Hmm, sedap!

Restoran Indah Jaya Minang
Komplek Ruko Imperial Walk
Jalur Tol Alam Sutra 29C No: 46-48
Alam Sutra - Tangerang
Telp: (021) 53140796 / 53140797

2. Cikang
Mau coba masakan Minang dan peranakan? Datang saja ke Cikang! Berada di kawasan Menteng, Anda bisa menikmati sensasi makan Minang yang agak sedikit berbeda. Dalam daftar menunya terdapat Soto Padang Simpang Kinol, Rendang Kering Azizi, Asam Padeh hingga Dendeng Batokok yang empuk.

Jika ingin lebih komplet dan mengenyangkan, Anda bisa memesan menu paket seperti Nasi Uda. Paket nasi ini yang berisi terung balado, telur balado dan dendeng batokok dengan siraman sambal yang terdiri dari cabai hijau dan bawang merah. Enak disantap dengan capcay, nasi serta kerupuk merah khas Minang.

Cikang
Jl. Teuku Cik Ditiro No. 11
Menteng, Jakarta Pusat
Telp: (021) 3906110

3. Sari Bagindo
Bagi Anda yang berkantor di kawasan Kuningan City bisa mampir ke sini. Jika mengintip menunya, hampir semua sajiannya menggoda selera dan cocok disantap siang ataupun malam.

Ada gulai ayam, gulai kikil, cumi telur goreng hingga soto Padang. Kali ini Anda bisa mencicip dendeng batokok dengan bumbu berupa irisan bawang merah, gerusan cabai hijau dan minyak. Enak disantap dengan nasi hangat.

Sari Bagindo
Kuningan City, Lantai Ground #52
Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan
Telp: (021) 50101018

4. Marco Padang
Di Marco Padang, Anda bisa menikmati aneka sajian dendeng yang diracik oleh Chef Marco. Ada Dendeng Kering Lado Merah yang pedas, Dendeng Cah Darek yang dipadukan dengan cabai dan lada serta Dendeng Batokok yang dibuat dengan cara dipanggang kemdudian dicampurkan dengan cabai plus lado kecap yang sedap. Cocok untuk santap siang kali ini!

Marco Padang
Ciputra World, Lotte Shopping Avenue lantai 3
Jl. Prof Dr Satrio
Karet, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29889377

5. Garuda
Di sini tersedia ayam gulai, daging gajeboh, rendang daging, kalio jengkol, kikil sambal hijau hingga dendeng batokok. Dendeng batokok yang gurih dengan campuran cabai hijau sangat enak dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

Selain itu, Anda juga bisa menyantapnya dengan campuran daun singkong, sayur nangka serta kerupuk kulit dengan seidikit siraman kuah kental. Hmm, mantap!

Garuda
Jl. Sultan Iskandar Muda No. 79D
Pondok Indah, Jakarta Selatan
Telp: (021) 7246999 (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com