Lezat dari Ranah Minang

5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Mar 2019 17:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kebanyakan orang memang hanya mengenal rendang daging tapi sebenarnya ada juga aneka rendang nabati. Mulai rendang ubi hingga rendang cubadak yang sedap.

Beberapa rendang nabati bisa disantap sebagai camilan, misalnya rendang ubi. Tapi ada juga rendang yang mantap dijadikan teman makan nasi.

Berikut ini beberapa rendang nabati yang populer sebagai bagian dari kekayaan kuliner Minang.

1. Rendang Ubi
5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging Foto: Istimewa

Tampilan rendang yang ini sekilas mirip rendang telur yang berbentuk persegi pipih. Tapi saat dicicip, rendang yang satu ini kriuk renyah dengan rasa pedas gurih berbalut bumbu royal. Rendang ubi terbuat dari ubi kayu atau singkong.

Untuk membuat rendang ini, singkong harus lebih dulu diiris tipis lalu digoreng. Setelah singkong matang, barulah dimasak bersama bumbu rendang hingga kering. Karena teksturnya renyah, rendang ini biasa dijadikan camilan.

Baca juga : Kres..Kres Renyah Rendang Ubi

2. Rendang Jamur
5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging Foto: Istimewa
Jenis jamur yang biasa diolah menjadi rendang adalah jamur tiram. Jamur ini disuwir kasar sebelum dimasak dengan bumbu rendang. Untuk membuat rendang ini kering, proses memasaknya harus perlahan dalam waktu lama.

Saat sudah jadi, rendang jamur punya tekstur seperti daging yang empuk. Rendang jamur biasa dijadikan alternatif santapan orang-orang yang menjalani pola makan vegetarian.

3. Rendang Daun Singkong
5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging Foto: Istimewa

Dalam masakan Minang, daun singkong biasa diolah dengan cara direbus. Tapi selain menjadi menu pelengkap, daun singkong bisa juga dimasak menjadi rendang yang mantap.

Sebelum dimasak bersama bumbu rendang, daun singkong lebih dulu direbus hingga lunak. Kemudian daun singkong dipotong kecil-kecil lalu dimasak bersama bumbu rendang. Karena dibuat rendang yang kering, daun singkong ini bisa jadi lauk enak saat disantap dengan nasi hangat.

4. Rendang Daun Pakis
5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging Foto: Istimewa

Masyarakat minang biasa menyebut daun pakis dengan nama paku amak. Di Sumatera Barat sendiri, rendang paku amak bukanlah makanan asing.

Meskipun terkesan sederhana, memasak rendang daun pakis juga membutuhkan kesabaran karena harus dimasak hingga bumbunya kering dan meresap. Untuk membuat rendang ini lebih gurih, biasanya ditambahkan daging kerang dara.

5. Rendang Cubadak
5 Rendang Nabati Ini Tak Kalah Enak dari Rendang Daging Foto: Istimewa

Nangka muda bukan hanya bisa dijadikan sayur gulai tapi bisa jadi rendang enak yang murah meriah. Cubadak atau cobadak merupakan sebutan untuk nangka muda.

Awalnya rendang cubadak dibuat oleh orang-orang yang tak mampu membeli daging. Saat sudah matang, rasa dan tekstur rendang cubadak ini memang mirip rendang daging yang empuk kenyal. Selain murah meriah, rendang ini juga dikenal sebagai rendang yang sehat.

Baca juga : Loka Padang: Mantap! Nasi Padang Vegan Lauknya Jamur Balado dan Rendang Kentang (dvs/odi)