Bir dari Testis Banteng hingga Testis Ikan Paus, Kayak Apa Rasanya?

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 05 Mar 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Craft beer dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas. Kini hadir bir yang dibuat dari campuran testis hewan, dan punya rasa yang aneh.

Tren craft beer, atau bir berkualitas tinggi memang sedang populer. Banyak orang yang mulai mencampurkan bahan-bahan aneh ke dalam bir, salah satunya testis hewan. Sebuah perusahaan bir asal Colorado, bernama Wynkoop, dan perusahaan bir Stedji asal Islandia, baru saja meluncurkan bir terbaru mereka.
Bir dari Testis Banteng hingga Testis Ikan Paus, Kayak Apa Rasanya?Foto: Istimewa
Baca Juga: Wah, Uniknya Bir Ini Dibuat dengan Campuran Aneka Seafood!

Dilansir Delish (27/02), dua bir ini dibuat dari olahan testis hewan. Awalnya perusahaan Wynkoop, membuat produk bir testis ini hanya untuk lelucon ketika April Mop. Sampai akhirnya, banyak orang yang benar-benar tertarik untuk mencoba bir rasa testis. Kini mereka mulai mengembangkan produk bir tersebut, dan akan meluncurkan bir testis ini secara terbatas.

Bir buatan Wynkoop bernama Rocky Mountain Oyster Stout, berisi barley, bahan pelengkap, dan tentunya daging testis banteng. Bir ini mengandung 7,2 alkohol (ABV), dan memiliki rasa daging yang kuat. Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk membuat bir ini, dan harus disimpan selama 3-4 minggu sebelum bir ini siap disajikan.
Bir dari Testis Banteng hingga Testis Ikan Paus, Kayak Apa Rasanya?Foto: Istimewa
Selain Wynkoop, ada perusahaan bir Stedji di Islandia yang juga mengeluarkan bir rasa testis. Bir ini sudah diluncurkan sejak tahun 2012 lalu, memiliki bahan dasar testis ikan paus yang diasapi dengan dengan kotoran domba.

Dalam setiap pembuatan bir, dibutuhkan sekiranya 6-8 kg testis paus. Uniknya, bir testis paus ini selalu dibuat pada musim dingin. Untuk menyambut Thorri Festival di bulan Januari dan Febuari, di mana mereka mengonsumsi daging hiu, lemak paus, hingga testis kambing.
Bir dari Testis Banteng hingga Testis Ikan Paus, Kayak Apa Rasanya?Foto: Istimewa
Bir rasa testis bukan satu-satunya produk bir yang aneh. Sebelumnya ada bir yang menggunakan aroma dari vagina model pakaian dalam. Tentunya bir ini mengundang pro dan kontra dari banyak orang.

Baca Juga: Wah! Kini Bisa Cicip Bir Unik Beraroma 'Miss V' Wanita Pertama di Dunia (sob/odi)