Wah, Uniknya Bir Ini Dibuat dengan Campuran Aneka Seafood!

Annisa Trimirasti - detikFood Jumat, 28 Apr 2017 14:16 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta -
Para pembuat bir semakin kreatif. Sebelumnya ada bir yang dibuat dari air limbah toilet dan sekarang ada bir dari campuran seafood.

Pabrik bir terus bersaing untuk mendapatkan perhatian masyarakat. Merekapun membuat bir dengan bahan-bahan unik seperti air limbah toilet daur ulang Kini ada yang memakai bahan seafood.

Perusahaan pembuat bir dari Inggris The Wild Beer Company, dikabarkan oleh Food and Wine (27/4/17), memperkenal kan bir dengan ragi liar bernama 'Of The Sea' yang didiskripsikan 'membawa laut ke dalam gelas'.

Wah, Uniknya  Bir ini Dibuat dengan Campuran Aneka Seafood!Foto: Getty Images

Sesuai penjelasan tersebut, bir dibuat dengan campuran 30 lobster hidup, kerang, rumput laut dan herba laut. Selain itu, digunakan juga tambahan sea salt Cornish dan saffron untuk bumbu dan ragi alkohol saison untuk membuat bir dengan citarasa asin yang menonjolkan rasa laut ini.

Inspirasi bir ini bermula dari lomba masak pembuat bir. Mereka mulai me rencanakan membuat bir yang meniru rasa sup lobster. Wild Beer co-founder Andrew Cooper mengatakan bahwa reaksi akan ide tersebut awalnya campur aduk.

"Tapi kami ingin membuat bir yang benar-benar menarik dan mendapat reaksi emosional dari orang-orang daripada hanya bir lainnya , " tambah Cooper. Untuk staf pabrik bir, bir laut ini punya 2 keuntungan.

Karena setelah menambahkan lobster pada adukan selama 12 menit, lobster ditarik dulu ke luar dan diambil dagingnya. Kemudian cangkang dikembalikan pada rebusan agar semakin memperkuat rasa lobster dalam bir.

Wah, Uniknya  Bir ini Dibuat dengan Campuran Aneka Seafood!Foto: Getty Images

Bir 'Of The Sea' hanya diproduksi dalam 12 tong bir dan 8000 botol. Apakah rasanya lezat atau tidak, itu tergantung selera masing-masing. Menurut rating aplikasi Untappd bir ini berbintang 3,36 dari 5 dan berada di peringkat 845.

Namun banyak juga komentar positif. Seperti salah satu orang yang menyebutkan sebagai "pengalaman minum aneh yang ternyata lezat."
(ani/odi)