Lezat dari Ranah Minang

Induk Masakan Indonesia yang Kelezatan Rasanya Diakui Dunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 04 Mar 2019 17:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyebut masakan Indonesia, banyak orang langsung teringat masakan Minang. Ada nasi hangat berpadu gulai hingga siraman samba lado. Lamak bana!

Tak bisa dipungkiri masakan Minang merupakan hidangan tradisional terpopuler di Indonesia. Para ahli kuliner Indonesia menyebut sebagai 'the mother of Indonesian cuisine'. Karena kekayaan rasa hidangan Minang yang tak ada tandingannya di nusantara ini.

Masakan ini kerap kali disebut masakan Padang oleh orang di luar Sumatera Barat. Meski sebenarnya penyebutan ini kurang tepat. Pasalnya orang Minang tidak hanya ada di kota Padang, tetapi juga tersebar di Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, hingga Padang Pariaman.

Induk Masakan Indonesia yang Kelezatan Rasanya Diakui DuniaFoto: iStock

Kata 'Minang' sendiri merujuk pada entitas kultural dan geografis yang tersebar di daratan Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan Negeri Sembilan di Malaysia. Masyarakat di wilayah ini kerap menyebut dirinya orang Minang.

Mereka memiliki makanan khas yang umum dibuat dengan santan dan cabai. Jika dikategorikan, masakan Minang terbagi dalam 3 elemen yaitu gulai, lado (cabai), dan bareh (nasi). Elemen ini tercermin dalam racikan nasi Padang yang menghadirkan nasi pulen hangat, siraman gulai kental, dan tambahan sambal lado sebagai pelengkap.

Baca Juga: RM Ibu Kacamata : Mengulang Kelezatan Dendeng Legendaris dari Kawasan Senen

Induk Masakan Indonesia yang Kelezatan Rasanya Diakui DuniaFoto: dok. detikFood

Cita rasa masakan Minang yang gurih, pedas, dan berempah ternyata disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia juga dunia. Seolah tak peduli suku atau daerah asal, banyak orang Indonesia menjadikan masakan Minang sebagai 'comfort food' yang tak pernah gagal puaskan selera.

Terbukti dari banyaknya rumah makan Minang di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Puluhan lauk khas Minang di dalamnya telah memiliki penggemar masing-masing. Mulai dari rendang, gulai, dendeng, hingga ayam bakar atau ayam pop.

Kenikmatan masakan Minang bahkan telah mendapat pengakuan di mata internasional. Pada Juli 2011, CNN Go's menobatkan rendang sebagai makanan terenak peringkat 11. Tak berselang lama, peringkat ini naik ke posisi teratas pada September tahun yang sama.

Induk Masakan Indonesia yang Kelezatan Rasanya Diakui DuniaFoto: iStock

Sedangkan pada Juli 2017, rendang tetap berada di urutan pertama. Hasil ini didapat dari suara terbanyak dalam jajak pendapat melalui Facebook.

Baca Juga: Hebat! Rendang Indonesia Kembali Jadi Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia

Banyak orang asing pun memilih masakan Minang untuk dicoba pertama kali saat ke Indonesia. Masih lekat dalam ingatan, mendiang Anthony Bourdain mampir ke RM Surya di Bendungan Hilir. Di sini ia mencicip rendang dan gulai kepala ikan kakap.

Induk Masakan Indonesia yang Kelezatan Rasanya Diakui DuniaFoto: dok. detikFood

Nah, pada ulasan kali ini detikFood ingin memperkenalkan sesuatu yang berbeda dari masakan Minang. Mulai dari penggunaan bahan tak biasa untuk gulai dan rendang, bumbu khas masakan Minang, hingga olahan nasi Kapau yang berbeda dari nasi Padang pada umumnya.

Tak ketinggalan berbagai camilan atau makanan penutup khas orang Minang yang belum banyak diketahui. Berikut rekomendasi tempat untuk menikmatinya. Kalau mau tahu info lengkapnya, simak terus detikFood ya!

(adr/odi)