Bawa Wine ke Restoran, Pria Ini Dikenakan Biaya Buka Botol Rp 80 Juta!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Feb 2019 11:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang pria di Australia, harus merogoh kocek sebesar Rp 80 juta. Ia harus membayar biaya buka botol ke restoran karena membawa wine sendiri.

Seorang pembuat wine atau winemaker asal Swiss bernama Scott, baru saja membagikan pengalamannya ketika makan di sebuah restoran yang berada di Melbourne, Australia. Lewat siaran radio 3W, Scott menjelaskan bahwa dia harus membayar biaya sekitar 8.000 AUD (Rp 80 juta) yang dikenakan oleh restoran tersebut karena membawa 8 botol wine miliknya ke sana.

Baca Juga: Tagihan Makan Malam Pelanggan Capai Rp. 900 Juta, Restoran Shanghai Ini Viral
Bawa Wine ke Restoran, Pria Ini Dikenakan Biaya Buka Botol Rp 80 Juta!Foto: Istimewa
Dikabarkan Munchies (27/02), restoran yang tidak disebutkan namanya itu mengenakan biaya sekitar 1.000 AUD atau sekitar Rp 10 juta per botolnya. Biaya ini bula botol atau 'corkage fee', biasa dikenakan pada pengunjung restoran atau bar jika mereka membawa minuman beralkohol dari luar restoran.

Tentunya biaya buka botol yang ditetapkan oleh restoran ini terlalu berlebihan, bahkan diklaim sebagai 'corkage fee' termahal di dunia. Padahal biasanya biaya membawa minuman beralkohol dari luar ini, hanya berkisar sekitar $32 (Rp 448.000) saja per botolnya.

Scott menjelaskan bahwa dia memang berkunjung ke salah satu restoran mewah, untuk bertemu dengan pembeli wine. Dia pun sebelumnya sudah berusaha menghubungi pihak restoran, mulai dari menelepon restoran, hingga mengirimkan email. Ia mengabarkan bahwa dia akan membawa beberapa botol wine. Tapi Scott tidak pernah mendapatkan jawaban atau respon dari pihak restoran.
Bawa Wine ke Restoran, Pria Ini Dikenakan Biaya Buka Botol Rp 80 Juta!Foto: Istimewa
Akhirnya Scott tetap membawa 8 botol wine miliknya, satu botol winenya ini dihargai sekitar 200 AUD (Rp 2 juta). Sementara ia harus membayar 1.000 AUD sebagai biaya buka botolnya.

"Tidak ada penawaran atau penerimaan dari yang saya ketahui. Tidak ada juga kontrak atau perjanjian tentang biaya tambahan ini," ungkap Scott.

Scott dan para tamunya sempat adu argumen dengan pihak restoran ketika mereka menerima tagihan. Namun mereka tidak memiliki pilihan lain dan akhirnya harus membayar harga mahal tersebut.
Bawa Wine ke Restoran, Pria Ini Dikenakan Biaya Buka Botol Rp 80 Juta!Foto: Istimewa
"Itu meninggalkan rasa yang tidak enak di mulut saya, saya tidak akan kembali ke sana lagi. Saya rasa mereka sengaja membuat kita kesal dengan cara yang sopan," pungkas Scott.

Hal seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebuah restoran di Swiss, memiliki kebijakan untuk memberikan biaya ekstra bagi pengunjung yang tidak memesan makanan utama di sana.

Baca Juga: Tak Pesan Hidangan Utama, Tamu Dikenai Biaya di Restoran Ini (sob/odi)