Hii..! Minum Air Mentah, Lintah Panjang Nyangkut di Tenggorokan Pria Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 13:23 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Minum air mentah sekilas memang terlihat tidak berbahaya, tapi pria ini harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah ada lintah panjang bersarang di tenggorokannya.

Lintah besar berwarna hitam ini harus dikeluarkan dari tenggorokan seorang pria lanjut usia, setelah ia mengeluhkan rasa sakit dan gatal di tenggorokannya selama lebih dari dua bulan. Juga ditambah dengan batuk darah yang dideritanya.

Baca Juga: Telan Ikan Hias Hidup, Pria Ini Keracunan hingga Muntah Darah
Hii..! Minum Air Mentah, Lintah Panjang Nyangkut di Tenggorokan Pria IniFoto: Istimewa
Dikabarkan Mirror UK (25/02), seorang pasien bernama Li dilarikan ke rumah sakit di Xingwen County Hospital, yang ada di kota Yibin, China. Pria berusia 60 tahun ini membuat banyak dokter terkejut, setelah mereka menemukan ada lintah hidup sepanjang 10cm yang bersarang di tenggorokannya, dan tumbuh di sana.

Dokter Zhang Dadong yang menangani kasus ini, awalnya melakukan endoskopi pada Li dan menemukan lintah hidup yang menempel di dinding tenggorokannya. Meski ukurannya besar, hewan licin itu sulit diambil karena terus bergerak, akhirnya para dokter harus menggunakan obat penenang agar lintah itu tidak bergerak.
Hii..! Minum Air Mentah, Lintah Panjang Nyangkut di Tenggorokan Pria IniFoto: Istimewa
Setelah melalui serangkaian tindak medis, akhirnya Dokter Zhang berhasil menarik lintah itu dari tenggorokan Li menggunakan alat forceps. Setelah ditelusuri lebih lanjut, penyebab tumbuhnya lintah di tenggorkan Li dikarenakan Li suka meminum air mentah.

Li sendiri berasal dari wilayah pedesaan yang berada di Daba, sehingga telur-telur lintah ini tanpa sengaja masuk ke tubuh Li saat ia meminum air mentah. Dokter Zhang sendiri menyarankan semua orang untuk merebus air minum mereka untuk keselamatan dan kesehatan tubuh.
Hii..! Minum Air Mentah, Lintah Panjang Nyangkut di Tenggorokan Pria IniFoto: Istimewa
Hal yang seperti ini bukan pertama kalinya terjadi, sebelumnya seorang wanita di Thailand, mengalami masalah kesehatan yang serius setelah bagian tubuhnya diserang oleh cacing parasit. Cacing parasit ini timbul karena adanya infeksi, setelah wanita ini kerap menyantap daging babi mentah.

Baca Juga: Hobi Makan Daging Mentah, Tubuh Wanita Ini Dipenuhi Cacing

(sob/odi)