Telan Ikan Hias Hidup, Pria Ini Keracunan hingga Muntah Darah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Jan 2019 18:33 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada jenis ikan hias berbahaya jika dikonsumsi. Pria asal Belanda ini sempat keracunan parah, setelah menelan ikan hias hidup saat mabuk bersama teman-temannya.

Menurut laporan di Acta Oto-Laryngologica Case Reports, beberapa dokter di University Medical Center, Rotterdam, Belanda. Menceritakan tentang kejadian seorang pria berusia 28 tahun, yang pernah menelan ikan lele perungu (Corydoras aeneus). Pria ini rupanya terinspirasi dari permainan yang ada di acara televisi, Jackass.

Baca Juga: Telan Sendok Demi Taruhan, Sendok Tersangkut di Tenggorokan Selama Setahun
Telan Ikan Hias Hidup, Pria Ini Keracunan hingga Muntah DarahFoto: Istimewa
Dilansir dari IFL Science (29/01), pria yang tidak disebutkan namanya ini saat itu tengah pesta alkohol. Meminum bir, hingga menggunakan ekstasi, setelah mabuk dia memutuskan untuk menelan beberapa ikan mas (goldfish) miliknya dari akuarium. Meski ikan mas itu tidak memiliki efek apa-apa ke tubuhnya, namun pria itu juga menelan jenis catfish atau ikan lele yang berduri.

Setelah menelan ikan hias itu, ia merasakan ikan itu tersangkut di tenggorokannya. Tajamnya duri dari ikan tersebut membuat pria itu merasakan sakit di bagian tenggorokannya. Setelah tak berhasil mengobatinya dengan bir, madu, hingga es krim akhirnya pria itu dilarikan ke rumah sakit.

Menurut salah satu temannya, pria ini terus mual dan muntah darah. Sehingga mereka semua mulai panik.
Telan Ikan Hias Hidup, Pria Ini Keracunan hingga Muntah DarahFoto: Istimewa
Ketika ia sampai ke rumah sakit, pria ini menunjukkan rekaman video tentang kejadian tersebut. Di sana terlihat dia dan teman-temannya meminum alkohol, sambil menelan ikan-ikan yang masih hidup itu dan memakannya.

Setelah diperiksa lebih lanjut, para dokter menemukan bahwa struktur ikan berukuran dua inci itu berada di tenggorokannya. Pria itu akhirnya harus dioperasi untuk mengeluarkan bangkai ikan tersebut.
Telan Ikan Hias Hidup, Pria Ini Keracunan hingga Muntah DarahFoto: Istimewa
Di akhir laporan ini, para dokter memperingatkan bahayanya melakukan permainan yang sembrono seperti ini.

"Kasus ini menggambarkan bahwa permainan minum yang berbahaya, atau meniuru permainan dari Jackass. Di mana permainan ini bisa sangat berbahaya, dan menjadi situasi medis yang kritis dengan akibat fatal," pungkas laporan tersebut.

Baca Juga: Wah, Wanita Ini Tak Sengaja Telan Sendok Sepanjang 15 Cm! (sob/odi)