Murah Mantap! Sarapan Nasi Pecel dan Nasi Gudeg ala Sri Mulyani

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 06:30 WIB
Foto: Instagram smindrawati
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyukai racikan nasi tradisional untuk sarapan. Ada nasi pecel dan nasi gudeg legendaris yang jadi favoritnya.

Sebagai salah satu menteri perempuan di Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Sri Mulyani punya segudang aktivitas yang kerap ia bagikan di Instagram. Tak terkecuali dalam urusan kulineran.

Murah Mantap! Sarapan Nasi Pecel dan Nasi Gudeg ala Sri MulyaniFoto: Instagram smindrawati

Pada 15 Februari lalu, wanita 56 tahun ini mampir sarapan di Gudeg Yu Djum Pusat, Yogyakarta. Lokasi warung ini ada di Jalan Selokan Mataram.

"Seusai makan, saya melihat dapur dan berbincang-bincang dengan para pegawai yang sedang menyiapkan makanan. Ada pegawai perempuan yang berusia sekitar 90 tahun dan masih aktif bekerja. Luar biasa," tulis Sri Mulyani kala itu.

Ia melihat langsung proses pembuatan gudeg dan lauk pauknya yang masih menggunakan metode tradisional. Nampak jejeran panci-panci di atas tungku api kayu bakar.

Murah Mantap! Sarapan Nasi Pecel dan Nasi Gudeg ala Sri MulyaniFoto: Instagram smindrawati

Gudeg Yu Djum memang melegenda di Yogyakarta. Ibu Djuariah yang kemudian dikenal sebagai Yu Djum mulai berjualan gudeg di tahun 1950-an. Ciri khas gudeg racikannya kering, berwarna cokelat kemerahan, dengan rasa tak terlalu manis.

Baca Juga: Anak dan Cucu Yu Djum akan Lanjutkan Usaha 12 Warung Gudeg yang Ditinggalkan

Selain gudeg, Sri Mulyani juga doyan sarapan nasi pecel. Pada pertengahan 2018, wanita berkacamata ini kedapatan mampir ke Depot Nasi Pecel 99 Madiun, Jawa Timur.

Murah Mantap! Sarapan Nasi Pecel dan Nasi Gudeg ala Sri MulyaniFoto: Instagram smindrawati

Tak hanya sendiri, Sri Mulyani ditemani jajaran pemerintahan lainnya menggelar rapat koordinasi di sini. Mereka menikmati nasi plus pecel yang terdiri dari kacang panjang, kecambah, bayam, daun pepaya, kemangi dan kerupuk. Sayuran lalu disiram sambal pecel racikan khas dan ditaburi serundeng.

"Kerja bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kerja, kerja, kerja," tulisnya kala itu. Sementara untuk sarapan sehari-hari, ibu 3 anak ini kabarnya menyukai pepaya, jus jeruk, dan telur rebus.

Baca Juga: Rapat Koordinasi di Warung Pecel Madiun, Sri Mulyani Banjir Pujian Netizen

(adr/odi)