Soto Nusantara Enak

Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba

Devi Setya - detikFood Minggu, 24 Feb 2019 11:58 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Mencari soto di Surabaya bukanlah hal sulit. Banyak kedai soto legendaris yang menawarkan semangkuk soto hangat berkuah gurih.

Soto khas Surabaya terkenal dengan isian daging ayam lembut yang diguyur kuah kaldu berwarna kuning. Kalau mencari kedai soto legendaris coba sambangi 5 warung di Surabaya ini.

1. Soto Ayam Cak To
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa
Warung soto Cak To memiliki dua cabang di Surabaya namun keduanya memiliki soto dengan citarasa dan kelezatan yang sama. Cak To meracik semangkuk soto dengan isian bihun, tauge dan ayam.

Kuah soto yang kental dan kaya bumbu menjadikan kedai soto ini tak pernah sepi diantre pembeli. Soto ini bisa dinikmati pagi hingga sore hari. Siap-siap antre saat ingin menjajal kelezatannya.

Soto Ayam Cak To
JL. Undaan Wetan No.10
Jl. Gubeng Kertajaya V Raya, No. 19
Surabaya, Jawa Timur

Baca juga : Sluurp, Gurih Hangat Soto Ayam Surabaya Racikan Cak No

2. Soto Gubeng Pojok
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Soto yang satu ini sudah ada sejak tahun 1947. Pemiliknya adalah pria berdarah Madura yang membuka usaha soto dekat stasiun Gubeng, Surabaya. Meskipun sudah puluhan tahun, soto gubeng masih terus eksis hingga saat ini.

Menu andalannya adalah soto daging namun Anda bisa memilih beragam menu soto mulai dari soto buntut, soto ati otak hingga soto campur plus telur.

Soto Gubeng Pojok
Jl. Kusuma Bangsa No. 30
Genteng, Surabaya
Jawa Timur

3. Soto Cak Har
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Soto Cak Har ini adalah sajian soto khas Lamongan. Semangkuk soto Cak Har tersaji dalam porsi yang cukup besar jadi cukup mengenyangkan, apalagi kalau ditambah nasi putih.

Ciri khas soto di kedai ini adalah penggunaan bubuk koya yang membuat kuah soto semakin gurih dan kental. Apalagi bubuk koya ini bisa ditambahkan sepuasnya.

Soto Cak Har
Kawasan MERR II
Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya
Jawa Timur

4. Soto Ayam Pak Djayus
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: Istimewa

Pak Djayus sudah mulai berjualan soto sejak tahun 1984 dan hingga kini racikan sotonya makin disukai banyak orang. Kelezatan soto ini terletak pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan baku soto.

Selain dari air rebusan ayam, kuah soto semakin gurih karena ditambahkan penyedap yang terbuat dari udang. Soto ini bisa dinikmati dengan nasi ataupun lontong. Jangan lupa tambah telur supaya rasanya makin mantap.

Soto Ayam Pak Djayus
Jl. Manyar No. 81, Sukolilo
Surabaya, Jawa Timur

Baca juga : Dari Pikulan, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Jadi Soto Legendaris Indonesia

5. Soto Ambengan Pak Sadi
Di Surabaya Ada 5 Soto Legendaris Sedap yang Patut Dicoba Foto: detikfood

Soto ayam racikan Pak Sadi ini memang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Di Surabaya, soto ini sudah eksis sejak 1960-an. Kini kedai soto Pak Sadi bahkan sudah ada di Jakarta.

Semangkuk soto Pak Sadi ini berisi daging ayam, telur, bihun, kol yang diguyur kaldu ayam gurih. Makin enak lagi dengan tambahan koya gurih. Jangan lewatkan juga soto ati ampela dan soto telurnya.

Soto Ambengan Pak Sadi
Jl. Ambengan No. 2
Ketabang, Genteng, Surabaya
Jawa Timur (dvs/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak