Soto Nusantara Enak

Ini 5 Tempat Jajan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBY

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 23 Feb 2019 07:57 WIB
Foto: dok. detikFood/iStock Foto: dok. detikFood/iStock
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Para pejabat negara punya soto ayam favorit. Bukan di Jakarta melainkan di luar kota. Sotonya enak dengan paduan suwiran ayam royal.

Di Jawa, soto menjadi primadona dan selalu jadi comfort food banyak orang. Di Solo hingga Jogja, para pejabat negara seperti Jokowi dan SBY ini punya rekomendasi soto enak. Bahkan beberapa kali Jokowi dan keluarga mengunjungi soto ini.

Baca juga: Jokowi, SBY hingga Prabowo, Punya Pilihan Soto Favorit, Apa Saja?

1. Soto Gading

Ini 5 Tempat Makan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBYFoto: Istimewa

Pulang ke Solo, Jokowi dan keluarga mampir untuk mencicip Soto Gading. Termasuk yang legendaris, soto gading ini sudah ada sejak tahun 1974. Bukan hanya Jokowi, beberapa petinggi negara pun seperti Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah bersantap ke Soto Gading.

Soto ini memiliki kuah yang kental dari kaldu ayam bening. Disajikan lengkap dengan soun, suwiran ayam dan taburan bawang merah goreng dan irisan daun seledri. Rasanya gurih enak dan agar semakin mantap, ditambah dengan pelengkap soto.

Pelengkapnya berupa gorengan tahu, tempe, sate usus, sate sapi, empal dan perkedel. Lokasinya ada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Solo.

2. Soto Ayam Pakelan Ny. Sien

Ini 5 Tempat Makan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBYFoto: 100 Maknyus Jalur Mudik

Soto ayam khas kediri ini jadi salah satu langganan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berada di Jalan Untung Suropati No. 1 dan 3, Pakelan, Kediri. Soto ayam pakelan ini punya kaldu yang gurih. Isiannya berupa suun, tauge, telur rebus dan suwiran ayam kampung.

Berdiri sejak tahun 1990, Soto ayam Ny. Sien ini makin enak disantap dengan nasi, sambal dan kerupuk.

3. Soto Bathok Mbah Karto

Ini 5 Tempat Makan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBYFoto: detikFood

Tak hanya murah tapi juga enak. Soto Bathok ini bisa Anda temui di Jogja. Persisnya di Jalan Candi Sambisari No. 6, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Soto ayam ini disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari tempurung kelapa.

Semangkuk sotonya terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi dan ditaburi dengan bawang goreng serta cincangan seledri. Kaldu yang dituang panas-panas bikin sarapan makin enak. Semangkuk soto ini dibandrol dengan harga Rp 5 ribu saja.

4. Soto Ayam Pak Haji Niti

Ini 5 Tempat Makan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBYFoto: Istimewa

Abdullah Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang dikenal doyan kulineran. Bersama dengan keluarga, Anas terlihat mampir ke warung soto untuk sarapan.

Soto Ayam Pak Haji Niti ini jadi pilihannya. Berlokasi di dekat Taman Sritanjung, warung soto yang terbilang legendaris. Sudah berdiri sejak tahun 1984, soto yang hangat dengan paduan nasi putih memang enak untuk sarapan. Apalagi ditemani dengan pelengkap gorengan dan segelas teh hangat.

5. Soto Bu Sastro

Ini 5 Tempat Makan Soto Enak Favoit Jokowi Hingga SBYFoto: Instagram

Senang sepedahan, Gubernur Jawa Tengah ini mampir ke Soto Bu Sastro. Lokasinya ada di Jalan Adi Sucipto, Timur Hotel Lor in 100 meter, Colomadu. Aneka sate jeroan dan sate telur puyuh bisa jadi pelengkap makan soto.

Nasi, tauge dan potongan daging sapi enak disiram dengan kaldu. Nyam, enak!

Baca juga: Sedapnya Soto Bathok Mbah Katro yang Pernah Dicicip Sandiaga Uno (lus/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak