Soto Nusantara Enak

Soto Kudus, Semarang dan Kemiri, Mana yang Lebih Enak?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Feb 2019 18:50 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Di Jawa Tengah ada beragam jenis soto enak. Punya tampilan yang mirip, sebenarnya sajian soto di tiga kota ini ternyata berbeda.

Kudus, Semarang dan Pati menjadi tiga kota di Jawa Tengah yang dikenal akan sotonya. Sama-sama disajikan dengan suwiran daging ayam dan kuah kaldu bening, ternyata ketiganya juga punya perbedaan.

Soto Kudus, Jawa Tengah.Soto Kudus, Jawa Tengah. Foto: Instagram

Disajikan dengan mangkuk keramik kecil. Ketiganya sama-sama disajikan dengan nasi yang dicampur ke dalam soto, walaupun boleh memesannya dalam bentuk pisah. Pelengkap seperti perkedel, tahu dan tempe serta aneka sate ati ampela, usus, kerang dan telur puyuh disajikan dan bebas dipilih.

Baca juga: Soto Kudus hingga Pacitan, Ini 5 Racikan Soto Kuah Bening yang Sedap

Perbedaan dari ketiga soto ini adalah terletak pada kuah kaldu yang dicampurkan. Soto Kudus memiliki kuah yang kuning agak keruh, sedangkan soto Semarang kuahnya bening kecokelatan dan soto kemiri khas Pati kuahnya kuning agak keruh dengan jejak gerusan kemiri.

Soto Kudus, Semarang dan Kemiri, Mana yang Lebih Enak?Soto Semarang, Jawa Tengah. Foto: dok. detikFood

Soto Kudus dan Kemiri ditambahkan dengan taburan bawang putih goreng. Sedangkan kalau soto Semarang biasanya diberi taburan bawang merah. Soto Semarang juga diberi bihun sementara soto Kudus dan Kemiri tidak.

Kalau soto Kudus disantap dengan sate berbumbu bacem kering, Semarang punya bumbu kecap yang lebih basah. Kalau Semarang dicampurkan dengan potongan telur rebus dan irisan daun bawang.

Soto Kudus, Semarang dan Kemiri, Mana yang Lebih Enak?Soto Kemiri dari Pati. Foto: Dok. detikFood

Bumbu yang dicampurkan ke dalam soto cenderung sederhana. Hanya bawang merah, bawang putih, kunyit, lada, jahe dan garam. Agar makin enak nikmatilah dengan air jeruk nipis, sambal rawit dan kecap manis. Sluurp!

Baca juga: Soto Kemiri: Slurp! Hangat Gurih Soto Ayam Khas Desa Kemiri (lus/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak