Soto Nusantara Enak

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto Klethuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Feb 2019 17:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Selain soto ayam dan soto daging, Indonesia punya ragam soto unik. Jenisnya ada yang kekinian seperti soto taichan hingga yang tradisional seperti soto klethuk.

Pencinta soto wajib cicip ragam soto unik. Tiap jenisnya diracik dengan bahan dan bumbu berbeda. Dijamin bikin pengalaman mencicip semangkuk soto lebih istimewa. Coba, yuk!

1. Soto taichan

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto KlethukFoto: Istimewa

Foto: Instagram soto_mastarone
Di Bandung, soto Mas Tarwan memperkenalkan soto taichan yang unik. Soto ini mengikuti sate taichan yang sudah lebih dulu hits. Soto terdiri potongan fillet ayam goreng yang dicampur dengan beragam bumbu taichan seperti bawang dan cabe rawit pedas.

Isian soto ini disajikan terpisah dari kuah. Untuk kuahnya, Mas Tarwan menggunakan susu bukan santan untuk pilihan lebih sehat. Meski begitu rasanya tetap gurih enak. Soto Mas Tarwan atau dikenal dengan nama Dapoernya Soto beralamat di Jalan Windu No. 15 dan Jalan Cendana 11, di dekat Masjid Al-Lathiif.

2. Soto geprek

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto KlethukFoto: Istimewa

Foto: YouTube Makan Keliling
Jalan-jalan ke Jogja bisa mampir ke daerah Jalan Seturan Raya, Kledokan, Kecamatan Depok. Di sini ada soto gebrak yang mengusung konsep unik dengan nama lain soto geprek Seturan. Tak berhubungan dengan ayam geprek, keunikan soto di sini ada pada pemakaian kulit ayam yang super garing.

Kulit ayam goreng ini bisa dicampur pada seporsi nasi soto. Bisa juga dibeli terpisah dengan harga sekitar Rp 7.000 per porsi. Untuk sotonya mirip soto Boyolali berkuah bening dan gurih. Isiannya ada suwiran ayam kampung, soun, bawang putih goreng, kol, dan tauge. Tersedia juga lauk pelengkap lain seperti usus goreng.

3. Soto ayam in jar

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto KlethukFoto: Istimewa

Foto: Instagram jomblojajan
Di kawasan BSD, Tutup Panci Bistro ramai peminat karena menghadirkan konsep fusion casual dining. Tempatnya yang luas juga jadi pilihan banyak pengunjung untuk sekadar nongkrong ramai-ramai hingga arisan.

Tutup Panci Bistro punya menu unik yang ramai dibincangkan. Namanya soto ayam in jar yaitu soto ayam yang disajikan dalam gelas bening atau jar. Uniknya bahan penyusun soto Lamongan seperti irisan tomat, kol, dan suwiran ayam disusun lebih dulu dalam gelas. Sementara kuah sotonya yang berwarna kuning disajikan dalam botol terpisah. Pengunjung perlu menuangkan kuah ke gelas sebelum bisa menikmati soto ayam unik ini.

4. Soto wagyu

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto KlethukFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Varian soto unik juga bisa ditemui di Bogor tepatnya di Kedai Ibu Rahayu. Restoran ini punya menu soto biasa seperti soto Bogor, soto ayam dan soto mie. Sementara yang unik ada soto goreng, soto rica-rica, hingga soto wagyu. Semuanya tersedia dalam pilihan kuah bening atau santan.

Soto wagyu bisa jadi pilihan. Potongan daging wagyu disajikan dalam piring kecil dengan taburan bawang bombay. Pelengkapnya ada selada, tomat, dan potongan timun segar. Tekstur daging yang empuk jadi primadona soto ini.

Baca Juga: Kedai Soto Ibu Rahayu: Sluurp! Hangat Gurih Soto Wagyu dan Rica yang Istimewa

5. Soto klethuk

5 Soto Unik yang Enak, Soto Taichan hingga Soto KlethukFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Dari Blora, Jawa Tengah ada soto klethuk yang juga unik. Soto ini berkuah bening mirip soto Semarang dengan tambahan telur layaknya soto Lamongan. Bahan lain yang bikin unik adalah 'kerikil' di dalam soto.

Kerikil atau klethuk ini bentuknya mungil mirip kacang polong. Teksturnya keras namun mudah dikonsumsi. Klethuk rupanya gethuk singkong yang digoreng garing hingga berwarna cokelat keemasan. Isian lainnya adal suwiran ayam, tauge, bihun, telur, dan bawang goreng.

Baca Juga: Kriuk Renyah Soto Klethuk yang Unik dari Blora

(adr/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak