Soto Nusantara Enak

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang Unik

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 20 Feb 2019 15:50 WIB
Foto: Robby Bernardi/dok. detikFood Foto: Robby Bernardi/dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Soto daging sapi juga enak dan tak kalah populer dengan soto ayam. Beberapa daerah di Indonesia punya racikan soto daging sapi yang unik dan sedap bumbunya.

Soto daging tidak hanya soto Betawi atau soto Tangkar saja. Banyak wilayah di Indonesia punya menu soto daging, yang tak kalah enak dan memiliki ciri khas. Seperti soto tauto khas Pekalongan, hingga warna-warni cerah soto Sesisantan Rote khas NTT.

Baca Juga: Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin Gurih


1. Soto Kwali

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang  UnikFoto: dok. detikFood/Istimewa
Berasal dari Solo, soto yang satu ini populer sebagai menu sarapan. Soto kwali sebenarnya terdiri dari dua pilihan, soto kwali daging atau soto kwali ayam kampung. Soto kwali daging, biasa terdiri dari suwiran daging sapi tipis, ditaburi tauge, dan potongan daun seledri.

Sementara kuah sotonya bening, dengan campuran serai, lengkuas, jahe, hingga kemiri. Ciri khasnya soto ini selalu diberi tempe semangit, atau tempe yang hampir busuk untuk penyedap rasa. Soto ini juga enak dicampur langsung dengan nasi putih. Disebut soto kwali karena dimasak dalam kwali atau periuk tanah liat.


2. Coto Makassar

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang  UnikFoto: dok. detikFood/Istimewa
Jenis soto yang satu ini sudah cukup populer dan digemari banyak orang. Berasal dari Makassar, kuah sotonya lebih kental dan legit karena ditambah dengan campuran kacang tanah yang digerus serta rempah lainnya. Uniknya soto ini juga terbuat dari 40 jenis bumbu yang berbeda.

Rasanya semakin kuat dan gurih, dengan potongan daging sapi hingga jeroan. Banyak juga orang yang suka menyandingkannya dengan potongan iga bakar, dan disantap dengan buras atau lontong.


3. Tauto

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang  UnikFoto: dok. detikFood/Istimewa
Tauto khas Pekalongan, punya ciri khas kuah soto yang menggunakan campuran tauco. Isiannya terdiri dari bihun, tauge, potongan kol, lalu disajikan dengan potongan daging sapi atau jeroan sapi.

Semua bahan-bahan ini kemudian ditambahkan dengan bumbu tauco, lalu disiram dengan kuah kaldu dan ditaburkan dengan daun bawang. Rasanya gurih kuat karena campuran kuah kaldu dan tauco yang sempurna. Bagi orang Pekalongan, tauto ini menjadi menu sarapan favorit.


4. Soto Lombok

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang  UnikFoto: Instagram
Sekilas mirip dengan tampilan rawon, soto khas Lombok punya warna kuah yang sedikit hitam dan disajikan dengan daging sapi serta taburan kacang. Yang membedakan soto Lombok, dengan soto lainnya terletak pada racikan kuah.

Warna kuah soto yang gelap, merupakan campuran dari kacang tanah sangrai, serbuk koya yang disangrai, kecambah dengan asa kuah yang segar dan juga pedas. Selain itu bisanya soto Lombok disantap dengan lontong, bukan dengan nasi.


5. Soto Seisantan Rote

Dari Pekalongan hingga NTT, Ini Jenis Soto Daging yang  UnikFoto: Phinemo
Soto unik yang satu ini berasal dari pulau Rote, yang berada di Nusa Tenggara Timur. Sesuai namanya, soto ini dibuat dari bahan dasar santan. Menurut sejarahnya, dulu nenek moyang orang Rote, sering membuatkan soto ini sebagai oleh-oleh sekaligus santapan bagi para keluarga yang akan pergi dari Rote ke kota Kupang.

Racikan soto seisantan ada daging sei sapi atau sapi asap khas Kupang, lalu serei, kunyit, daun salam, hingga kemiri. Tampilannya cantik dengan warna warni, dari acar, tomat, hingga emping yang digunakan.

Baca Juga: Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba! (sob/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak