Soto Nusantara Enak

Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin Gurih

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 16:00 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Selain diberi kuah kaldu bening ada beberapa soto yang disajikan dengan kuah santan. Rasanya jadi makin gurih enak!

Santan yang digunakan sebagai campuran kuah soto biasanya berupa santan kental dan santan encer. Secara tradisional, soto selalu dibuat dari santan kelapa dengan kematangan yang sedang.

Ragam soto Indonesia sangat banyak, tak hanya isiannya saja yang bervarian tapi juga jenis kuahnya. Berikut ini beberapa soto khas yang disajikan dengan kuah bersantan.

1. Soto Betawi
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood
Soto asal Jakarta ini punya beberapa versi yakni yang berkuah putih dan agak kekuningan. Namun resep asli kuah soto betawi selalu menggunakan santan. Santan ini juga yang membuat kuah soto menjadi kental dan agak keruh serta terasa gurih.

Beberapa pedagang soto menggunakan santan murni tetapi ada juga yang menambahkan susu. Soto betawi yang menggunakan campuran susu memiliki rasa lebih ringan namun manis dan gurih dibandingkan yang hanya menggunakan santan saja.

Baca juga : Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!

2. Soto Tangkar
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto tangkar sekilas mirip dengan soto Betawi namun kuahnya berwarna kemerahan. Bahan utama untuk membuat kuah soto tangkar adalah santan dan racikan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit dan kemiri.

Namun yang membuat kuahnya semakin merah adalah tambahan gula merah, ebi dan terasi. Bumbu ini juga yang menjadikan kuah soto tangkar lebih kaya rasa.

3. Soto Babat
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Kuah soto babat terbagi dua yakni yang menggunakan santan dan yang bening. Untuk soto babat berkuah santan, bahan baku yang diperlukan mirip seperti membuat kuah soto betawi.

Selain santan, kuah soto babat diberi bumbu halus mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan ketumbar. Untuk membuatnya semakin sedap, digunakan berbagai bumbu aromatik seperti serai, daun salam hingga daun jeruk.

Untuk membuat soto babat yang enak, pastikan babat yang digunakan sudah benar-benar bersih dan direbus hingga empuk.

4. Soto Medan
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto Medan memang tak sepopuler soto Betawi tapi rasanya tak terkalahkan. Semangkuk soto Medan juga dibuat dengan kuah santan yang gurih berempah.

Santan kental dan santan encer digunakan untuk meracik soto ini. Bumbu tambahannya ada bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jahe, kunyit hingga jintan. Soto Medan disajikan dengan suwiran daging ayam dan kentang.

Baca juga : Mencicip Kelezatan 5 Soto Betawi Paling Enak di Jakarta

5. Soto Branggahan
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto ini berasal dari Kediri, Jawa Timur. Soto branggahan ini dikenal dengan kuahnya yang kental dan gurih khas santan kelapa. Bumbu seperti lengkuas, jahe dan kemiri membuat kuah soto semakin harum semerbak.

Soto Branggahan memiliki kuah agak kuning yang berasal dari kunyit. Soto ini mudah ditemui di daerah Branggahan, Kediri. Ciri khas soto ini juga bisa dilihat dari penyajiannya yang menggunakan mangkuk kecil seukuran mangkuk soto kudus. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com