Soto Nusantara Enak

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik Rasanya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 18:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Hampir setiap daerah memiliki racikan soto yang khas, dengan bahan dan bumbu yang berbeda. Perbedaan ini lah yang menjadi ciri khas setiap soto di Indonesia.

Semangkuk soto dengan berbagai isian yang melimpah, memang tidak pernah membuat bosan. Ada beberapa hal yang membedakan antara satu jenis soto, dengan soto lainnya.

Baca Juga: Diadaptasi dari Kuliner China dan Diracik dengan Bumbu Lokal Jadi Sajian Unik


1. Kuah

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik RasanyaFoto: dok. detikFood
Perbedaan masing-masing jenis soto yang paling terlihat jelas adalah dari jenis kuahnya. Soto memiliki banyak jenis kuah, salah satunya ada kuah bening yang biasanya digunakan untuk soto ayam, soto Banjar, soto Sadang, soto Kudus, hingga soto mie.

Lalu ada kuah santan yang banyak digunakan untuk soto Betawi, soto tangkar, hingga soto Medan. Hingga kuah kuning, yang biasanya dapat ditemui di soto Bogor hingga Lamongan.


2. Daging

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik RasanyaFoto: dok. detikFood
Penggunaan daging sebagai isian sudah menjadi bahan dasar soto yang tak boleh terlewatkan. Seperti soto Betawi contohnya, yang menggunakan irisan daging sapi, babat, hingga jeroan sapi lainnya untuk isian soto.

Sementara soto Lamongan, lebih terkenal dengan racikan soto ditambah suwiran daging ayam kampung. Ada juga soto khas Tegal, yang menggunakan daging sapi dicampur dengan tauco sehingga rasanya asam dan manis. Selain penggunaan daging ayam dan sapi, banyak juga soto yang menggunakan daging kerbau.


3. Sayuran

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik RasanyaFoto: dok. detikFood/Istimewa
Tak lengkap rasanya menyantap soto tanpa tambahan sayuran. Biasanya sayuran yang paling sering digunakan dalam soto ada tauge, hingga sayur kol. Tapi di beberapa soto, seperti soto Betawi lebih sering menggunakan irisan kentang dan tomat. Sementara di soto Bandung, sayurannya ada lobak, hingga tomat yang tak kalah unik.


4. Rasa khas

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik RasanyaFoto: Istimewa
Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa setiap racikan soto di berbagai wilayah di Indonesia, memiliki rasa yang enak dan berbeda. Soto Bandung contohnya, memiliki rasa yang lebih ringan dan gurih dari jejak rempah yang digunakan. Ada juga soto Madura, yang punya rasa gurih karena campuran jeroan sapi yang digunakan.

Sementara soto padang, rasanya sedikit kecut dan gurih karena menggunakan tambahan cuka dalam racikan rasanya. Ada juga soto Lamongan, jenis soto yang cukup populer karena menggunakan tambahan koya dan gurihnya suwiran ayam kampung.


5. Bahan dan bumbu unik

Isian dan Bumbu Kuah Beragam, Soto Makin Unik RasanyaFoto: Istimewa
Setiap soto punya ciri khas masing-masing. Seperti soto Boyolali, yang menggunakan bawang putih kathing hingga aromanya lebih menyengat dan rasnaya lebih sedap. Sementara sroto khas Sokaraja, menambahkan campuran bumbu sambal kacang dan soto disantap dengan ketupat atau nasi.

Lalu di Pekalongan, ada tauto yang dibuat menggunakan bumbu tauco banyak lalu dicampur dengan kuah kaldu agar rasanya manis gurih dan kuat. Soto Banjar memakai bumbu yang dihaluskan, rempah kering yang semuanya dibungkus kain halus sehingga kuah soto tetap bening.

Baca Juga: Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba! (sob/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak