Bukannya Lucu, Tren 'Jangan Bayar' Makanan di Instagram Justru Dikritik Pedas

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak tren di Instagram yang memberikan contoh tidak baik. Baru-baru ini hadir tren 'Jangan Bayar' makanan yang dipopulerkan oleh influencer asal Malaysia.

Tren atau Challenge, sering dipopulerkan oleh banyak influencer hingga selebgram dan mendorong orang-orang untuk melakukan hal yang sama. Setelah sebelumnya sempat populer 'Bird Box Challenge', yang menantang orang untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam mata tertutup, kini muncul 'Jangan bayar Challenge' di Instagram yang menuai banyak kritik.

Baca Juga: Demam Film 'Bird Box', Makan dengan Mata Tertutup Jadi Tren
Bukannya Lucu, Tren 'Jangan Bayar' Makanan di Instagram Justru Dikritik PedasFoto: Istimewa
Bermula dari influencer bernama Mohd Zairul asal Malaysia, ia membuat konten video berisi dirinya dan beberapa temannya yang tidak membayar setiap makanan yang mereka beli.

Dalam video itu, awalnya Zairul terlihat tengah memesan makanan di beberapa kios makanan. Ketika makanannya datang, temannya akan menepuk tangan pundak Zairul, dan mengisyaratkan Zairul untuk tidak membayar makanan tersebut.

Zairul langsung berjalan begitu saja, meninggalkan petugas kasir yang kebingungan. Tidak hanya sekali, Zairul melakukan itu berkali-kali, di beberapa kios makanan yang berbeda.
Bukannya Lucu, Tren 'Jangan Bayar' Makanan di Instagram Justru Dikritik PedasFoto: Istimewa
"Challenge terbaru, Tag kawan korang!" tulis Zairul di akun Instagramnya (17/02), yang menuai banyak kritik dari para netizen. Salah satunya karena Zairul secara tidak langsung mendorong orang-orang untuk melakukan tindak pencurian.

"Seorang ayah harus dipenjara karena mencuri makanan untuk anak-anaknya yang kelaparan. Sementara orang yang seperti ini justru lolos, karena tren yang bodoh. Sebelum saya merekam ini, saya membaca beberapa komentar, dan mereka mengklaim dengan bangganya bahwa mereka tidak membayar makanan itu sama sekali. Mencuri itu perbuatan yang berdosa, tapi mereka begitu bangga," tutur netizen bernama Sherra Ong.

Karena menuai kritik dan menjadi viral, akhirnya Zairul mengeluarkan pernyataan bahwa dalam video itu hanyalah akting belaka. Zairul juga menjelaskan bahwa dia sudah membayar semua makanan yang dicurinya di video.
Bukannya Lucu, Tren 'Jangan Bayar' Makanan di Instagram Justru Dikritik PedasFoto: Istimewa
"Mereka semua adalah teman saya. Kami sudah membayar semua makanan sebelum syuting. Kami sudah meminta izin dari para pegawai sebelum melakukan hal ini," tutur Zairul.

"Saya pikir banyak orang yang menyangka bahwa kami tidak membayar makanannya, semenjak di video menunjukkan kami pergi begitu saja. Ini semua kesalahan kami, karena tidak mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi," lanjut Zairul.

Zairul sendiri mengambil semua komentar dan kritikan pedas dari netizen sebagai sebuah hal yang positif. Ia juga akan membuat video yang lebih baik lagi setelah ini.

Baca Juga: Begini Jadinya Kalau Makanan Ikut 10 Years Challenge

View this post on Instagram

Challenge terbaru, Tag kawan korang ! #zairulbuathal #jarangtakbuathal

A post shared by mohd zairul (@zairulgriezmann) on Feb 16, 2019 at 4:16am PST

(sob/odi)