Wanko Soba, Tradisi Makan Soba Porsi Mungil hingga Ratusan Mangkuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 11:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Prefektur Iwate, Jepang punya tradisi makan unik. Bernama wanko soba, pengunjung bisa menikmati soba sepuasnya hingga ratusan mangkuk! Mau coba?

Mengunjungi prefektur Iwate wajib mampir ke Morioka. Di sini ada tempat makan soba legendaris, Azumaya Soba Shop. Tempat makan dengan 4 cabang ini menawarkan sensasi unik mencicip soba.

Dikutip dari CNN Travel (19/2), pengunjung perlu merogoh kocek 3.240 yen (Rp 414.000) untuk menikmati soba sepuasnya dalam mangkuk mungil. Pelayan akan terus menyajikan soba-soba ini sampai pengunung 'menyerah' karena kenyang.

Wanko Soba, Tradisi Makan Soba Porsi Mungil hingga Ratusan MangkukFoto: Istimewa

Mencicip soba seperti ini rupanya merupakan tradisi lokal sejak tahun 1600-an. Namanya wanko soba yang bermula dari kisah seorang tuan tanah di kota Hanamaki, Iwate yang ketagihan makan soba dalam mangkuk-mangkuk mungil.

Baca Juga: Soba Hangat dan Dingin yang Gurih Enak Ada di 4 Restoran Ini

Sebagai perbandingan, seporsi soba reguler setara dengan 15 mangkuk mungil soba di Azumaya Soba Shop. Pengunjung juga bisa menikmati 9 hidangan pelengkap seperti sashimi tuna, jamur dengan parutan lobak, dan hidangan lokal spesial lainnya.

Wanko Soba, Tradisi Makan Soba Porsi Mungil hingga Ratusan MangkukFoto: Istimewa

Mereka juga akan mendapat sertifikat berisi keterangan jumlah mangkuk soba yang bisa dihabisi. Rekor terbaru Azumaya Soba Shop adalah seseorang menghabiskan 570 mangkuk soba sekali makan. Tak heran, tiap bulannya tempat makan ini habiskan 4 ton tepung untuk membuat soba.

Ada juga pengunjung wanita yang menyelesaikan 383 mangkuk soba hanya dalam 10 menit. Kompetisi makan ini sekarang hanya diadakan dua kali setahun di Iwate.

Bagi yang tertarik ikut wanko soba, ada sejumlah aturan dan tips yang bisa dipraktekkan. Untuk pemula sebaiknya makan soba terus menerus tanpa istirahat. Boleh juga diselingin melahap hidangan pelengkap, namun lebih baik jika hidangan ini disimpan untuk pengunjung saat sudah muak makan soba.

Wanko Soba, Tradisi Makan Soba Porsi Mungil hingga Ratusan MangkukFoto: Istimewa

Sementara untuk profesional, hindari menikmati soba dengan menyeruput kuah terlalu banyak. Mengunyah juga jadi pilihan, namun restoran merekomendasikan langsung menelan soba.

Saat selesai, pengunjung tak bisa hanya mengatakan 'cukup' atau 'kenyang.' Mereka harus memberi tanda dengan menutup mangkuk. Dengan begini pula, pelayan akan berhenti menuangi soba ke mangkuk pengunjung.

Baca Juga: Sluurp! Mie Majiangmian dan Zaru Soba, Mie Dingin yang Enak Dinikmati Saat Udara Panas


(adr/odi)