Restoran Pizza di Amerika Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1898

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada fakta menarik seputar pizza di New York. Kabarnya, restoran pizza pertama di sana sudah ada sejak tahun 1898!

Pizza ternyata sudah manjakan selera warga Amerika Serikat sejak ratusan tahun yang lalu. Hal itu dibuktikan dengan adanya temuan soal restoran pizza di wilayah Chicago yang sudah ada sejak tahun 1898.

Restoran Pizza di Amerika Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1898Foto: Istimewa
Dikutip dari Daily Meal (11/2), Gennaro Lombardi mendirikan Lombardi's di Amerika Serikat pada tahun 1905. Seperti yang diketahui, Lombardi's didapuk sebagai restoran pizza tertua di New York.

Sedangkan menurut penelitian yang ada, Lombardi's bukanlah restoran pizza pertama di sana. Seorang ahli statistik sekaligus peneliti, Peter Regas menghabiskan waktu selama satu dekade untuk meneliti sejarah pizza Amerika.

Baca juga: Ini Dia Daftar Restoran Tertua di Dunia!

Restoran Pizza di Amerika Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1898Foto: Istimewa
Regas mengklaim bahwa pizza paragon New York sebenarnya didirikan oleh seorang pria bernama Filippo Milone, tujuh tahun sebelum Lombardi's ada.

Ia menuturkan bahwa penemuannya ia dapat saat menyaring koran berbahasa Italia dari awal 1900-an. Saat itu, ia menemukan iklan pizza milik Filippo Milone seperti Antica Pizzeria Port'Alba di tahun 1903.

Ia lantas mulai percaya bahwa Milone membantu pembukaan restoran pizza di alamat yang sama dengan restoran ikonik Lombardi's pada tahun 1898. Meski begitu, restoran Lombardi's tetap tergolong restoran pizza tertua di Amerika.

Restoran Pizza di Amerika Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1898Foto: iStock
Selanjutnya Regas menuturkan bahwa Milone sepertinya memiliki pengalaman terkait pizzeria di Italia. Milone juga membangun setidaknya enam gerai pizza di Big Apple, termasuk pizza New York, John's dari Bleecker Street serta gerai pizza di Brooklyn bernama Pop's yang sudah tutup.

"Tampaknya [Milone] mengoperasikan gerai pizza di Naples sebelum datang ke Amerika. Mereka punya pengalaman di Naples dan datang dengan pengetahuan serta pengalaman dan sedikit percaya bahwa produk ini akan sukses (dipasaran)," jelas Regas.

Restoran Pizza di Amerika Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1898Foto: iStock
Tapi fakta ini tidak mendiskreditkan gerai Lombardi's. "Gennaro Lombardi tetap menjadi tokoh awal, kunci dalam sejarah pizza di AS. Dapat dipahami bahwa penelitian saya merupakan perubahan dramatis dalam kisah asli mereka. Tetapi itu membuat Lombardi's jadi restoran pizza yang lebih bersejarah lagi," pungkas Regas pada Food & Wine.

Peneliti berencana untuk membagikan temuannya selama kuliah gratis pada 23 Februaridi Museum Pizza A.S. di Chicago - yang masih merupakan kota terbaik untuk hidangan dalam.

Baca juga: Terkenal dengan Sup Ularnya yang Lezat, Restoran Tertua di Hong Kong Ini Tutup (dwa/odi)