Ikut Festival Teknologi Para Murid Ini Ciptakan Piano dari Buah Pisang

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 18:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Buah pisang kaya akan aneka nutrisi. Selain itu, buah ini ternyata dapat diubah menjadi piano yang canggih dan unik.

Barisan buah pisang berhasil disulap menjadi hasil karya yang unik dan menarik. Para pelajar di Kazakhstan, berhasil menciptakan piano yang menggunakan buah pisang.

Baca Juga: Alunan Musik di Restoran Pengaruhi Makanan yang Ingin Dibeli Pelanggan
Ikut Festival Teknologi Para Murid Ini Ciptakan Piano dari Buah PisangFoto: Istimewa
Lewat festival teknologi bernama 'The Go Creative!', para pelajar ini berinovasi untuk menghasilkan karya unik. Apalagi para pelajar dituntut untuk menciptakan hasil karya yang berinovasi, dan menginspirasi banyak orang.

Dikabarkan UPI (08/02), festival yang diselenggarakan di kota Almaty, Kazakhstan ini, menarik perhatian banyak orang apalagi setelah karya piano pisang dipamerkan di sana. Cara pembuatan piano pisang ini terbilang singkat, lewat video berdurasi pendek para pelajar tersebut menjelaskan cara kerja piano pisang ini.

Pertama beberapa buah pisang disusun hingga rapih membentuk sebuah barisan, mirip seperti tuts piano. Setelah itu pisang dipasang dengan kabel listrik, yang disambungkan ke perangkat elektronik seperti laptop atau komputer.
Ikut Festival Teknologi Para Murid Ini Ciptakan Piano dari Buah PisangFoto: Istimewa
Meski terlihat sederhana, tapi dibutuhkan banyak bahan-bahan untuk membuat sambungan kabel ke dalam pisang. Salah satu bahan yang digunakan ada arduino uno, mini breadboard, jumper wire, hingga alligator clip lead yang berfungsi untuk menyambungkan getaran dari pisang ke perangkat elektronik.

Hasilnya ketika ditekan, pisang itu mengeluarkan suara yang mirip seperti denting piano. Bahkan orang-orang bisa memainkan pisang tersebut sebagai piano, dengan irama musik yang keluar dari perangkat elektronik.

Video pisang piano ini kemudian beredar di internet. Banyak netizen yang mengapresiasi inovasi dari para pelajar ini.
Ikut Festival Teknologi Para Murid Ini Ciptakan Piano dari Buah PisangFoto: Istimewa
"Sungguh kreatif. Saya bahkan tidak berpikir bahwa buah bisa dirubah menjadi alat musik yang menarik," puji seorang netizen.

Sementara itu alunan musik sendiri terkenal memiliki banyak pengaruh dalam rasa makanan. Musik yang berputar secara tidak langsung dapat membuat makanan terasa jauh lebih enak.

Baca Juga: Musik Bikin Makanan Terasa Lebih Enak, Ini Trik yang Bisa Dilakukan Restoran




(sob/odi)