Tinggal Jauh dari Kota, Kakek dan Nenek Ini Baru Pertama Kali Cicip Burger

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 11 Feb 2019 16:10 WIB
Foto: YouTube Dianxi Xiaoge Foto: YouTube Dianxi Xiaoge
Jakarta - Tinggal di desa terpencil, kakek dan nenek ini hanya bisa melihat hamburger dari TV. Sang cucu pun membuatkan burger sendiri dengan cara tradisional.

Ini pertama kalinya kakek dan nenek asal China yang tinggal di pedesaan cicip burger untuk pertama kalinya. Dianxi Xiaoge, penduduk asli dari provinsi Yunnan membuatkan burger untuk sang kakek dan nenek kemudian mengunggah video memasak tradisionalnya ke YouTube.

Tinggal Jauh dari Kota, Kakek dan Nenek Ini Baru Pertama Kali Cicip BurgerFoto: YouTube Dianxi Xiaoge

Dalam salah satu videonya, Dianxi menjelaskan seberapa jauh rumahnya dari pasar kota dan seberapa besar ia ingin mmebawa keluarganya keluar untuk makan.

Bekerja jauh dari rumah membuat Xiaoge selalu ingin membahagiakan keluarganya. Termasuk membuat makanan enak yang tak pernah dicicip keluarganya. "Rumah saya berjarak lebih dari 20 KM dari kota," tulis Xiaoge dari YouTubenya.

Baca juga: Tanpa Panci, Bocah Ini Masak Telur Pakai Kulit Semangka

Dikutip dalam Nextshark (08/02), "Ketika bekerja jauh dari rumah, saya selalu berpikir untuk meluangkan waktu setelah menabung cukup uang untuk membawa keluarga saya keluar dan membiarkan mereka makan sesuatu yang belum pernah mereka makan sebelumnya," jelasnya.

Menurut Dianxi, pasar terdekat hanya menjual makanan tradisional. "Makanan kota" seperti hamburger adalah sesuatu yang langka keberadaannya. Karena alasan ini, ia memutuskan untuk mempersiapkan mereka sendiri untuk kakek-neneknya.

Tinggal Jauh dari Kota, Kakek dan Nenek Ini Baru Pertama Kali Cicip BurgerFoto: YouTube Dianxi Xiaoge

"Saya akan membuat beef burger untuk kakek-nenek saya yang belum pernah makan mereka sebelumnya," katanya. "Mereka hanya melihat hamburger di TV," ungkapnya.

Video ini dimulai dengan Dianxi mengumpulkan tomat langsung dari kebun belakang mereka sendiri. Ia merendamnya dengan air panas selama dua menit sebelum mengupas kulit tomatnya.

Kemudian, tomat yang sudah dikupas kulitnya dan menyaring bijinya. Tambahkan sedikit jus lemon, hasilnya mirip dengan saus tomat kemasan.

Dianxi kemudian mencampur telur segar, tepung terigu, ragi, gula dan garam sebagi adonannya. Ketika sudah agak mengembang, ia menambahkan lemak babi dan mendiamkannya sampai 40 menit.

Tinggal Jauh dari Kota, Kakek dan Nenek Ini Baru Pertama Kali Cicip BurgerFoto: YouTube Dianxi Xiaoge

Daging sapi dicincang, lalu ditambahkan dengan bawang merah, merica, garam, tepung dan bubuk tsaoko. Dianxi membagi adonan menjadi beberapa bagian dan membentuknya menjadi bola. Ia kemudian mengolesi bagian atas adonan roti dengan telur dan taburan biji wijen.

Adonan roti pun siap dipanggang dalam oven darurat yang tradisional. Panci berbahan baja dengan bantuan api arang di bagian bawah dan atas dapat membuat roti matang sempurna.

Sambil menunggu roti, Dianxi memasak patty daging sapi dengan tambahan minyak goreng. Setelah itu ia menyiapkan burger. Dia menaruh beberapa "saus tomat" buatan sendiri, irisan tomat, selada, patty daging sapi dan bawang bombay di antara roti.

Burger pun siap disajikan untuk kakek dan neneknya. Video yang dibuat oleh Dianxi berhasil mendapatkan lebih dari dua juta views sejak ditampilkan pada Agustus tahun lalu.

Baca juga: 'Solar Chicken' Ini Dimasak Pakai Pantulan Sinar Matahari

(lus/odi)