Yummy! Ini 5 Racikan Salad Enak, Segar dan Kaya Nutrisi

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Feb 2019 05:04 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mendengar kata salad, orang pasti otomatis langsung membayangkan sepiring sayuran. Tapi setiap negara memiliki varian salad yang unik.

Misalnya saja di Guatemala terkenal dengan salad yang disebut fiambre, di Peru ada salad salterito dan Indonesia terkenal dengan gado-gado.

Dilansir dari Huffington Post (10/2) berikut beberapa salad populer dari berbagai negara.

1. Fiambre, Guatemala
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Fiambre bukan sekedar salad biasa, makanan ini bahkan dijadikan makanan bersejarah yang selalu disantap setiap 1 November di Guatemala. Selama berabad-abad, setiap 1 November, seluruh keluarga akan ziarah ke makam sambil membawa salad ini.

Fiambre adalah salad yang disajikan dingin. Komposisi salad ini terbilang kompleks karena terdiri dari 50 bahan yang terdiri dari asparagus, kubis brussel, kembang kol, jagung, bawang, kacang, ayam, daging asap hingga telur rebus.

Bahan-bahan ini disajikan terpisah dan bisa diracik sesuai selera. Salad ini kemudian dilengkapi dengan saus cuka atau mustard dan diaduk rata sebelum disantap.

2. Solterito, Peru
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Secara harfiah, salad ini memiliki arti anak bujang atau remaja pria. Salad ini sangat mudah dibuat, bahannya pun sederhana sehingga dianggap anak muda pun bisa membuatnya.

Solterito terbuat dari racikan kacang, daging babi, jagung, keju, cabai, tomat, zaitun dan bawang merah. Semua bahan ini dipotong dan dicampur rata lalu disajikan dengan cuka, daun ketumbar serta peterseli.

Baca juga : 5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun Baru

3. Horiatiki, Yunani
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Salad asal Yunani yang satu ini terbilang cukup populer karena sudah ada sejak tahun 1960-an. Salad sederhana ini terdiri dari irisan keju feta yang dicampur dengan aneka sayuran segar.

Horiatiki ini awalnya dikenal sebagai makanan petani karena bahan baku yang dicampurkan merupakan hasil kebun para petani di Yunani. Seporsi salad ini terdiri dari campuran tomat, zaitun, mentimun dan bawang.

Salad ini biasa disajikan dalam keadaan segar dilengkapi sepotong roti. Karena memiliki rasa segar, salad biasa dijadikan menu pembuka sebelum jamuan makan.

4. Gado-gado, Indonesia
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Gado-gado artinya adalah campur-campur. Sesuai dengan namanya, makanan ini memang dibuat dari campuran berbagai sayuran yang diaduk rata. Gado-gado berasal dari Jakarta, khususnya dari suku Betawi.

Aneka sayuran seperti kacang panjang, tauge, aneka sayuran, tahu dan tempe dicampur dan disajikan dengan siraman saus kacang. Saus kacang dengan tambahan kecap manis ini membuat salad asal Indonesia ini makin kaya rasa.

5. Panzanella, Italia
Yummy! Ini 5 Salad Populer dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia Foto: Istimewa

Salad asal Italia ini dibuat secara tidak sengaja karena hanya mengandalkan makanan sisa. Di Tuscany, orang-orang memanfatkan roti sisa sebagai makanan campuran, termasuk untuk salad.

Panzanella terbuat dari campuran paprika, bawang, mentimun, roti tawar dan disajikan dengan kucuran minyak zaitun.

Baca juga : 'Hand Salad' Gaya Sajian Salad yang Ramai Diperbincangkan Netizen (dvs/odi)