Menu Natal dan Tahun Baru

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun Baru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 29 Des 2017 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Salad cocok jadi pendamping menu BBQ atau steak tahun baru. Agar lebih sehat, perhatikan 5 tips ini saat meracik salad.

Membuat salad tidaklah sulit. Menu pelengkap ini bisa mengasup kebutuhan buah dan sayur harian. Namun pastikan membuatnya dalam versi sehat agar baik untuk tubuh.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan dressing salad. Begitu juga dengan hal yang dirangkum detikFood dari beberapa sumber ini.

1. Jenis sayuran

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun BaruFoto: iStock

Pilihlah jenis sayuran yang tepat untuk salad. Beberapa sayuran mengandung asam folat dan lutein yang menyehatkan tubuh. Ada arugula, Romaine lettuce, bayam, kubis, kale, selada dan mixed greens sebagai pilihan. Komposisi yang dianjurkan kira-kira 300 gram. Enak juga ditambahkan herba segar tinggi antioksidan seperti peterseli, daun ketumbar dan dill. Rasanya yang unik berpadu pas dengan sayuran segar.

2. Tambahkan sayuran berwarna

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun BaruFoto: iStock

Salad makin enak dan bernutrisi dengan tambahan sayuran aneka warna. Jika sayuran hijau sudah terpenuhi, coba tambahkan paprika, wortel, mentimun, tomat, jamur atau bawang bombay sebagai pelengkap. Agar kalorinya tak berlebih, cukup masukkan sekitar 75 gram sayuran berwarna ini.

3. Protein

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun BaruFoto: iStock

Usai meracik sayuran, jangan lupa menambahkan protein pada salad. Kalau mau protein hewani, Anda bisa menambahkan dada ayam panggang tanpa kulit, lembaran daging sapi tanpa lemak, atau tuna sebagai pilihan. Untuk versi vegetarian, tahu, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya bisa jadi pilihan. Hindari menambahkan daging olahan seperti bacon dan daging asap. Jangan pula menambahkan protein hewani yang digoreng.

4. Ekstra

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun BaruFoto: iStock

Agar lebih kaya rasa, Anda bisa tambahkan ekstra pada salad. Berupa parutan keju feta, mozzarella, parmesan, cheddar atau bleu cheese. Ada juga crouton, kismis, almond, pistachio atau biji bunga matahari sebagai pilihan. Tapi usahakan menambahkan ekstra secukupnya saja agar salad tak tinggi kalori.

5. Dressing

5 Tips Bikin Salad Enak dan Sehat untuk Pesta Tahun BaruFoto: iStock

Terakhir, memilih dressing atau saus salad yang sehat. Saus dengan krim atau mayonnaise sebaiknya dihindari. Dihubungi detikFood (28/12), Chef Yuda Bustara merekomendasikan dressing sehat.

"Mayonnaise bisa diganti dengan olive oil dressing dan jeruk lemon," ujar Chef Yuda. Menurutnya sekarang banyak olive oil atau minyak zaitun berkualitas di pasaran. "Sekarang ada kok olive oil yg pedas atau yang di infuse dengan jamur truffle, jadi dressing saladnya tidak membosankan," pungkas Chef Yuda.

(adr/adr)