5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara Durian

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 10 Feb 2019 16:07 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Punya aroma menyengat, durian ternyata punya cerita tersendiri. Banyak cerita soal orang makan durian yang panik hingga meninggal. Kok bisa?

Durian menjadi primadona di beberapa daerah, termasuk Indonesia. Akan tetapi untuk dinegara lain, durian masih menjadi 'musuh' karena aromanya yang sangat menyengat. Berikut ini beberapa kejadian unik sampai menyeramkan yang terjadi karena durian.

1. Pesawat gagal terbang

5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara DurianFoto: Facebook/Instagram Amir Zidane

Durian menjadi salah satu buah yang dilarang dibawa saat naik pesawat atau pun kereta. Aromanya yang tajam bisa membuat ruangan tak nyaman. Beberapa waktu lalu, pengguna Facebook Amir Zidane membagikan cerita penerbangannya dari Bengkulu ke Jakarta terganggu gara-gara durian.

Unggahan pada 5 November ini menjelaskan dengan rinci kejadian yang dialami Amir dan penumpang pesawat Sriwijaya SJ 091. Saat baru memasuki kabin pesawat, Amir dan teman-temannya langsung disambut bau menyengat dari buah duren.

Tak tanggung-tanggung, durian yang diangkut beratnya sampai 3 ton. Kejadian ini pun cukup menyita perhatian warga internet karena gas yang terkandung dalam durian bisa membahayakan ketika menguap di udara, apalagi dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Gagal Terbang Gara-gara 3 Ton Duren dalam Pesawat, Begini Kisahnya!

2. Evakuasi Mahasiswa karena bau durian busuk

5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara DurianFoto: istock

Meski disebut-sebut punya aroma seperti bau 'surga', akan tetapi menurut banyak orang di negara lain ini adalah hal yang aneh. Di negara lain seperti Australia, durian dinaggap memiliki bau yang sangat mengganggu.

Tidak bisa membedakan bau durian busuk dengan bau gas bocor. Kejadian ini membuat 600 orang yang berada di area perpustakaan di universitas Royal Melbourne Institute of Technology di Melbourne, sempat dievakuasi karena dugaan kebocoran gas.

Baca juga: Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia Dievakuasi

3. Nangis ditampar penjual durian

5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara DurianFoto: Istimewa

Seorang pria transgender di Thailand berusaha mengembalikan durian yang dibelinya pada penjual. Alasan ia mengembalikannya karena menurutnya durian terlalu matang sehingga tak bisa dimakan.

Tak terima dengan protes sang pembeli. Penjual bertubuh gemuk itu kemudian mendekati Bella sambil membawa durian ditangannya. Tiba-tiba langsung saja penjual menampar wajah Bella dengan durian. Bella pun kaget dan menangis.

Baca juga: Waduh! Protes Durian Kurang Enak, Pria Ini Nangis Ditampar Durian oleh Penjual

4. Lapor polisi karena dilarang makan durian

5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara DurianFoto: Raja Adil Siregar/detikcom


Karena aromanya yang menyengat, banyak orang yang menghindari buah durian. Pasangan asal China ini bukan bertengkar lantaran orang ketiga, melainkan karena sang pacar larang dirinya makan buah durian.

Kejadian ini berawal saat Zhang dan Luo menyewa hotel untuk menginap, setelah itu Zhang merasa lapar sehingga dia mengeluarkan buah durian yang dibelinya. Akan tetapi sang kekasih rupanya sempat bergurau, bahwa dia tidak mau Zhang menyantap durian yang menyengat di dalam kamar hotel. Bahkan Luo sempat meminta Zhang untuk memakan durian itu di rumahnya saja.

Merasa kesal, kekasihnya pun laporkan kejadian bohong ke polisi dengan laporan kekerasan atau pemerkosaan. Polisi pun tak melihat adanya tanda-tanda ini dan akhirnya membawa Zhang ke kantor polisi dan dikenakan hukuman karena telah berbohong.

Baca juga: Dilarang Makan Durian, Wanita Ini Laporkan Kekasihnya ke Polisi

5. Meninggal setelah makan durian

5 Kejadian Unik Hingga Seram yang Bikin Takut Gara-gara DurianFoto: Istimewa

Kejadian ini ada di Tondano, Minahasa. Pria bernama Alfianus diduga meninggal lantaran mengonsumsi durian, kopi dan minuman energi dalam waktu berdekatan.

Kabarnya, korban mengonsumsi minuman tersebut sebelum berhubungan intim dengan pacarnya. Kapolres Minahasa pun membeberkan hasil pemeriksaan yang dapat diasumsi karen apengaruh kafein tinggi ditambah lelah saat berhubungan sehingga terkena serangan jantung mendadak. (lus/odi)