Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar Negeri

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Feb 2019 15:54 WIB
Foto: Istimewa/Instagram Foto: Istimewa/Instagram
Jakarta - Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan kuliner beragam dan terjangkau. Lima makanan khas Indonesia ini jadi makanan 'mahal' di luar negeri.

Meningkatnya popularitas makanan Indonesia di luar negeri, membuat banyak orang tertarik untuk mencicipinya. Tapi siapa sangka, makanan Indonesia yang terkenal dengan harga murah justru melambung tinggi di luar negeri.

Tentu saja karena bahan dan rempah yang digunakan memiliki harga mahal. Seperti pisang goreng, soto, sate, hingga pecel lele.

Baca Juga: Ini 5 Ikon Kuliner Indonesia yang Bisa Dipromosikan ke Mancanegara


1. Pisang Goreng

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: iStock
Berkunjung ke Belanda, Anda akan menemukan banyak restoran dengan menu khas Indonesia yang selalu dipenuhi pengunjung. Di Belanda, Anda harus siap merogoh kocek sekitar Rp 90.000 untuk menikmati beberapa potong pisang goreng.

Selain pisang goreng, ketoprak di Belanda juga dihargai sekitar Rp 276.500 per porsinya. Di Indonesia sendiri, pisang goreng dihargai Rp 1.000 per buah, dan ketoprak dengan kisaran harga Rp 12.000 saja.


2. Aneka Sate

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: Istimewa
Sate ayam atau kambing jadi hidangan kaki lima yang populer di Indonesia. Hidangan berbumbu kacang ini bisa mencapai harga €10, atau sekitar Rp 160.000 hanya untuk porsi sate ayam.

Sementara sate padang di sana dibanderol sekitar €7 atau setara dengan Rp 110.000. Di Indonesia sendiri, kisaran harga sate ayam dimulai dari Rp 15.000 saja.


3. Nasi Rames

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: Detikfood
Nasi rames di Indonesia mudah ditemukan, mulai dari warung nasi hingga rumah makan Padang semuanya menyediakan nasi rames. Jika berkunjung ke Paris, dan ngidam nasi rames anda harus menyiapkan biaya lebih.

Rupanya Anda harus mengeluarkan biaya sekitar €35, atau setara Rp 553.000 untuk menikmati nasi rames dengan lauk ayam atau rendang, dan kerupuk. Di Indonesia, menu rames nasi ayam berkisar di harga Rp 15.000.


4. Soto Ayam

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: Istimewa
Jadi ikon kuliner dari Indonesia, soto ayam juga terkenal di Amerika. Banyak restoran Indonesia di Amerika, yang menyajikan menu ini. Jika di Indonesia kisaran soto ayam dimulai dari harga Rp 10.000, kalau di Amerika soto ayam dihargai $10 atau setara dengan Rp 140.000.

Selain soto ayam, di Amerika harga tahu dan tempe goreng yang sederhana dibanderol mulai dari $7 (Rp 98.000).


5. Pecel Lele

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: Istimewa
Selain ayam goreng, ada pecel lele yang jadi raja kuliner kaki lima. Di Indonesia, menemukan tenda pecel lele sangat mudah, apalagi kisaran harganya yang hanya di bawah Rp 20.000 saja.

Tapi di Swiss, harga pecel lele berubah menjadi fantastis. Hidangan 'ndeso' ini, justru masuk ke dalam jajaran makanan mahal. Setidaknya Anda harus membayar sekitar €15 hingga €20 (Rp 237.000 - Rp 296.000) untuk satu porsi pecel lele.


6. Rendang

Pisang Goreng hingga Soto Ayam, 6 Makanan yang Jadi Mahal di Luar NegeriFoto: detikFood/iStock
Sejak dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN. Rendang menjadi hidangan Indonesia yang paling populer. Dibuat dari potongan daging sapi, dan aneka bumbu rempah harga rendang berkisar dari Rp. 15.000 di Indonesia per potongnya.

Tapi jika Anda berkunjung ke Auckland, yang berada di New Zealand. Harga satu potong daging rendang bisa mencapau $24 NZD, atau sekitar Rp 228.000.

Baca Juga: Makanan Indonesia Juga Populer di Amerika, Ini 5 Restoran Indonesia di Los Angeles (sob/odi)