Inikah Pisang Baru? Pisang Varigata yang Manis dan Instagenik

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 13:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pisang termasuk buah yang paling banyak disukai karena rasanya enak dan kaya nutrisi. Tapi kini pecinta pisang tengah heboh dengan hadirnya pisang instagenik.

Pisang cantik ini berasal dari jenis pisang varigata atau biasa disebut musa variegata. Tanaman ini berasal dari Florida namun kini sudah banyak dibudidaya di berbagai daerah, termasuk di Indonesia.
Inikah Pisang Baru? Pisang Varigata yang Manis dan Instagenik Foto: Istimewa

Baca juga : Netizen Berdebat Soal Tingkat Kematangan Pisang yang Paling Enak

Tanaman tropis ini punya bentuk mirip seperti pohon pisang biasa, bedanya ada pada warna daun dan buahnya. Daun pisang jenis ini tidak berwarna hijau polos melainkan bergradasi.

Biasanya dalam satu lembar daun terdiri dari warna hijau tua, hijau muda, putih hingga kekuningan. Warna ini tersusun selang-seling sehingga menghasilkan daun yang artistik.
Inikah Pisang Baru? Pisang Varigata yang Manis dan Instagenik Foto: Istimewa

Demikian juga dengan bagian buahnya yang tak kalah instagenik. Buah pisang varigata ini belang hijau putih dengan bentuk garis memanjang.

Selain cantik, pisang varigata juga diakui punya rasa yang manis dan enak. Meskipun enak tapi pohon ini jarang berbuah dan terbilang sensitif.

Beberapa petani sudah mencoba membudidayakan pisang jenis ini di Indonesia namun hasilnya belum maksimal. Jadi buah pisang ini masih sangat sulit ditemui di pasaran.
Inikah Pisang Baru? Pisang Varigata yang Manis dan Instagenik Foto: Istimewa
Baca juga : Pisang Berhantu Jadi Tren 'Prank' Makanan Terbaru

Selain dijadikan tanaman di kebun, pohon pisang ini juga populer jadi tanaman hias. Pohon berukuran kecil dijual dalam pot dan bisa dijadikan hiasan di pekarangan rumah.

Bibit pohon pisang ini juga sudah banyak dijual secara online. Harga bibit yang dijual bervarian mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 2,2 juta. Bagaimana, tertarik menanam pisang unik ini? (dvs/odi)