Terbaru, Pocky Rasa Sake Buatan 'Brewery' Legendaris di Tokyo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 10:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pocky terus berinovasi melalui cita rasanya. Di Jepang, penggemar camilan populer ini bisa nikmati rasa sake manis!

Sejak diperkenalkan tahun 1966, Pocky jadi camilan populer di Jepang dan berbagai negara dunia. Ciri khasnya biskuit seperti tongkat kecil dengan panjang 14 cm. Pocky lalu dilapisi cokelat atau varian rasa lain yang tercipta seiring tahun.

Uniknya, Glico sebagai produsen Pocky juga menawarkan cita rasa eksklusif dari 7 wilayah di Jepang. Misalnya Pocky rasa melon Yubari dari Hokkaido, Uji Matcha dari Kyoto, Satonishiki Cherry dari Tohoku, strawberry Amaou dari Kyushu, dan ubi Gorojima Kintoki dari Hokuriku.

Terbaru, Pocky Rasa Sake Buatan 'Brewery' Legendaris di TokyoFoto: Istimewa

Yang terbaru ada Pocky dari Tokyo. Dikutip dari Japan Today (6/2), varian ini lekat dengan nilai sejarah dan tradisi budaya setempat. Namanya Tokyo Amazake yang secara harfiah berarti "sake manis" Tokyo.

Baca Juga: Ini Tahapan Pembuatan Pocky yang Renyah Manis

Amazake merupakan minuman tradisional berbahan fermentasi beras. Kandungan alkoholnya sedikit hingga hampir tidak ada. Amazake diyakini sudah ada di Jepang selama lebih dari 1.000 tahun.

Terbaru, Pocky Rasa Sake Buatan 'Brewery' Legendaris di TokyoFoto: Istimewa

Biasanya amazake disajikan panas selama musim dingin, terutama jelang tahun baru. Bukan hanya enak, amazake diyakini punya manfaat untuk kesehatan karena melalui proses fermentasi.

Untuk varian Pocky istimewa ini, Glico menggunakan amazake buatan Tokyo Port Brewery yang membuatnya dari beras Tokyo dan air. Brewery ini juga istimewa karena sudah ada sejak akhir periode Edo (1603-1868), namun pihaknya sempat menghentikan operasi selama Restoran Meiji di tahun 1868.

Lebih dari 1 abad kemudian, di tahun 2011, Tokyo Port Brewery kembali beroperasi. Kehadirannya menjadikan brewery ini menjadi satu-satunya tempat pembuatan bir yang beroperasi di lingkungan khusus 23 wards di Tokyo.

Terbaru, Pocky Rasa Sake Buatan 'Brewery' Legendaris di TokyoFoto: Istimewa

Melalui Pocky amazake ini pula Glico ingin kembali mempopulerkan Tokyo Port Brewery. Berikut metode pembuatan sake tradisional yang mereka gunakan.

Ada pun biskuit Pocky nantinya menghadirkan aroma dan rasa sake manis. Satu kotak isinya 15 biskuit. Pocky Tokyo Amazake tersedia mulai 5 Februari 2019 di beberapa gerai besar Tokyo termasuk Kanagawa, Saitama, dan Chiba.

Baca Juga: Pocky Matcha Sudah Hadir di Indonesia dengan Konsep Omotenashi

(adr/odi)