Sajian Spesial Imlek

Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy'

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 02 Feb 2019 10:24 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek
Jakarta - Masih ingat dengan nastar 'piggy' buatan Chef Yongki Gunawan? Ternyata proses pembuatan cetakan nastar bentuk babi itu tidaklah sulit. Begini cara membuatnya!

Anda patut berbangga, sebab Chef Yongki membagikan cara pembuatan cetakan nastar bentuk unik itu secara eksklusif pada pembaca setia detikFood.

Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy' Foto: Instagram yongki_gunawan_kue
Sebelumnya Chef Yongki menyebut bahwa siapapun sebenarnya bisa membuat cetakan kue dengan bentuk yang diinginkan sendiri di rumah. Alat dan bahan pembuatannya sendiri mudah didapat.

Selain itu, proses pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Hanya saja, diperlukan kreativitas yang tinggi untuk membuat bentuk yang unik dan terlihat lebih nyata.

Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy' Foto: dokdetikFood
Kue nastar 'piggy' milik Chef Yongki sebenarnya tak akan bisa ditiru oleh orang lain. Sebab cetakan nastar berbentuk wajah babi hingga babi panggang utuh yang menggemaskan itu dibuat sendiri olehnya.

Baca juga: Ini Kue-kue Lambang Keberuntungan yang Dinikmati Warga Singapura Saat Imlek

Berawal dari hobi membuat figur dari hard sugar, Chef Yongki kemudian mulai menuangkan kreasinya ke dalam bentuk cetakan kue silikon. Ia memanfaatkan malam atau lilin mainan, beberapa peralatan hias kue, silikon cair, dan katalisator.

Salah satu hasilnya tentu cetakan nastar 'piggy'. Awalnya ia membuat bentuk kepala babi 3 dimensi dengan lilin mainan. Setelahnya, ia membagi dua lilin malam yang sudah dibentuk agar adonan nastar matang sempurna.

Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy' Foto: dokdetikFood
"Karena tinggi adonan kue itu nggak bisa lebih dari satu centimeter besarnya. Bisa nggak matang (kuenya). Jadi harus dibagi dua. Hasilnya juga akan lebih bagus," jelas chef senior itu.

Setelah itu, ia meletakkan lilin mainan tadi ke dalam kotak karton segiempat dan membuat adonan silikon. Di tahap ini, cairan silikon dicampur dengan katalisator. Katalisator sendiri merupakan suatu zat yang mempercepat laju reaksi-reaksi kimia. Dalam proses pembuatan cetakan ini, Chef Yongki menggunakan katalisator berwarna ungu.

"Kasalitator gunanya untuk mengentalkan dan membekukan adonan silikon. Sengaja dipilih kasalitator yang berwarna sehingga terlihat kalau silikon berwarna putih sudah tercampur rata dengan katalisatornya," jelasnya.

Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy' Foto: dokdetikFood
Kemudain ia memasukkan adonan silikon cair ke dalam karton yang sudah diisi dengan lilin mainan bentuk kepala babi. "Lalu didiamkan minimal 4 hingga 5 jam atau selama satu malam sampai adonan silikon kering," pungkasnya.

Jika sudah kering, silikon tadi tinggal dilepaskan dari karton dan cetakan silikon buatan sendiri pun jadi. Mudah, kan? Untuk proses lebih lengkapnya silahkan tonton video di bawah ini.

Baca juga: Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi Tanah


Tonton juga: Ada Nastar Berbentuk Babi, Begini Cara Bikin Cetakannya

[Gambas:Video 20detik]


Gampang! Begini Cara Bikin Cetakan Nastar 'Piggy'


(dwa/odi)
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek