Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi Tanah

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 31 Jan 2019 10:10 WIB
Foto: Instagram yongki_gunawan_kue Foto: Instagram yongki_gunawan_kue
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek
Jakarta - Perayaan Imlek tahun ini sangat spesial. Akan ada banyak kreasi makanan berbentuk babi yang menggemaskan. Salah satunya nastar 'piggy'.

Ragam sajian lezat yang menggugah selera selalu ada dalam perayaan hari raya Imlek. Perayaan Imlek tahun ini sendiri akan jatuh pada 5 Februari mendatang.

Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi TanahFoto: iStock
Sebelum ikut memeriahkan, sebaiknya ketahui dulu sajian apa yang cocok bisa dibuat dalam perayaan Imlek. Sebab tahun ini terbilang tahun spesial lantaran tahun 'anjing tanah' berganti menjadi tahun 'babi tanah'.

Baca juga: Hidangan Lezat Kaya Simbol Disajikan di Hari Raya Musim Semi

Dengan begitu, akan hadir sajian istimewa bertema hewan berkaki empat itu. Salah satunya nastar 'piggy'. Kue kering yang selalu menghiasi perayaan hari besar ini disulap menjadi kue menggemaskan berbentuk babi oleh chef senior, Yongki Gunawan. Hal itu ia lakukan dalam rangka menyemarakkan tahun babi hutan.

Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi TanahFoto: Instagram yongki_gunawan_kue
Nastar 'piggy' ini sudah hits di media sosial. Secara eksklusif, Chef Yongki membagikan cara pembuatan nastar 'piggy' pada pembaca setia detikFood. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan nastarnya sama saja seperti pembuatan nastar lain yakni, tepung protein sedang, tepung maizena, susu bubuk, telur, butter, margarin, gula halus, garam, tofico bakar dan tofico vanilla butter.

Awalnya, cukup campur sebagian besar tepung protein sedang, telur, butter, margarin, gula halus, garam, tofico bakar dan tofico vanilla butter kemudian campur adonan dengan hand mixer dengan kecepatan penuh selama lima menit.

Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi TanahFoto: dokdetikFood
Baca juga:Agar Tetap Renyah dan Enak, Ini Cara Benar Menangani Kue Kering

Setelahnya masukkan sisa tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena. Dalam tahap ini, Chef Yongki menerangkan kalau Anda harus mengaduknya dengan garpu. Alasannya agar hasil nastar buatan Anda tidak keras.

"Kue kering keras karena diaduk dengan tangan. Tangan itu panas sehingga sebagian menteganya mencair dan akhirnya mengeras," tutur chef yang sudah mengajar soal cara pembuatan kue di depan publik sejak tahun 1982.

Nastar 'Piggy' Semarakkan Sajian Imlek Tahun Babi TanahFoto: dokdetikFood
Jika sudah tercampur, diamkan adonan tadi selama setengah jam di dalam kulkas. Setelahnya cetak dengan cetakan silikon berbentuk muka babi 3 dimensi buatan tangan Chef Yongki sendiri. Usai dicetak, adonan nastar tinggal dipanggang.

Voila! Jadilah nastar 'piggy' yang menggemaskan. Untuk proses dan cara pembuatan lebih lengkap, Anda bisa menonton video pembuatan nastar 'piggy' yang dipandu langsung oleh Chef Yongki Gunawan di bawah ini.



(dwa/odi)
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek