Pertama Kali Cicip Rendang dan Ayam Geprek, Ini Komentar Orang Korea

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 02 Feb 2019 07:22 WIB
Foto: YouTube Noona Rosa Foto: YouTube Noona Rosa
Jakarta - Masakan khas Indonesia ternyata bisa diterima di lidah orang Korea. Perpaduan rempah yang enak dengan semburat rasa pedas yang pas bikin semua orang ketagihan.

Noona Rosa salah satu YouTuber asal Korea Selatan yang pandai berbahasa Indonesia. Ia mengajak serta tiga temannya untuk mencicip makanan Indonesia. Bukan di negaranya, Noona mengajak teman-temannya cicip masakan Korea di restoran Indonesia yang ada di kawasan Sasang, Busan.

Pertama Kali Cicip Rendang dan Ayam Geprek, Ini Komentar Orang Korea Foto: YouTube Noona Rosa

Nama restorannya Rindu Kampoeng Indonesian Restaurant. Di sini terdapat menu Indonesia yang unik bagi orang Korea, mulai dari nasi goreng, rendang, ayam geprek, petai, sambal ijo hingga lalapan. Dalam akun YouTube-nya, Noona memberitahu harga beberapa makanan. Nasi goreng dibandrol dengan harga 8.000 won atau sekitar Rp 100 ribu, nasi goreng 9.000 won atau Rp 115 ribu dan tempe goreng atau tahu isi dijual dengan harga 5.000 won atau Rp 64 ribu.

Baca juga: Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: "Saya Bisa Pindah ke Indonesia"

Menu yang dipesan oleh Noona dan ketiga temannya adalah tempe goreng, tahu isi, ayam geprek, nasi goreng dan rendang.

Nasi goreng jadi makanan yang dicicip pertama. Komentar ketiga teman Noona adalah rasa nasi gorengnya sangat familira dengan makanan Korea. "Sedikit ada rasa udang, isiannya juga ada cumi. Cocok dimakan dengan kimchi," jelas salah satu temannya.

Kemudian ada juga tempe dari kedelai yang dimakan dengan sambal. Mereka mencoba tempe dan saus, sambal ijo hingga sambal geprek. "Tahu isinya kok mirip seperti korokke ya," tutur teman Noona.

Rendang yang menjadi makanan paling enak nomer satu di dunia ini juga punya rasa yang eksotik. Bahkan ketiga teman Noona pun ketagihan dan mengatakan ini enak sekali.

Noona menyarankan kepada teman-temannya untuk cicip ayam geprek. Ayam geprek dengan sambal yang tak terlalu pedas ternyata cocok dilidah orang Korea. Apalagi sate ayam dengan paduan bumbu kacang. "Berbeda dari sate Korea, tapi ini enak mantap, rasa bumbu kacangnya sangat unik."

Dari ketiga teman Noona memiliki makanan Indonesia favorit masing-masing. Mulai dari sate, rendang dan ayam geprek. Sambil menikmati makanan, Noona juga menjelaskan kebiasaan makan orang Indonesia yang gemar minum teh. Ibu penjual makanan di resto tersebut juga menanyakan kepada ketiga pria ini bagiamana rasanya. Dan lagi-lagi jawabannya semuanya enak!

Baca juga: Orang Korea Selatan Paling Sedikit Gunakan Waktu Memasak di Dapur




Pertama Kali Cicip Rendang dan Ayam Geprek, Ini Komentar Orang Korea

(lus/odi)