Orang Korea Selatan Paling Sedikit Gunakan Waktu Memasak di Dapur

Odilia Winneke - detikFood Jumat, 29 Mei 2015 07:15 WIB
Foto: AFP Foto: AFP
Jakarta - Meskipun sama-sama memasak, namun tiap negara di dunia punya cara memasak hidangan yang berbeda. Riset internasional menemukan orang Korsel paling sedikit menggunakan waktu memask dibandingkan orang India.

Riset internasional dilakukan oleh Gfk terhadap cara bangsa-bangsa di dunia memasak dan menggunakan waktunya untuk memasak. Mereka menanyai lebih dari 27.000 orang dari 22 negara mengenai waktu yang diperlukan untuk memasak setiap minggu.

Ternyata orang India dan Ukranina menduduki peringkat teratas. Mereka menggunakan waktu 13 jam per minggu mengupas, mencincang dan mengaduk-ngaduk makanan dalam memasak. Sebaliknya orang Korea hanya perlu 13 jam per minggu untuk memasak hidangan tradisional mereka.

Hal ini rupanya tergantung pada kemudahan mereka mendapatkan bahan makanan yang terjangkau dan banyaknya pilihan. Termasuk adanya jajanan kaki lima, makanan siap makan dan supermarket yang menawarkan beragam bahan makanan siap olah.

Sedangkan secara rata-rata orang di dunia menggunakan waktu memasak sekitar 6.5 jam per minggu. Prancis yang dikenal sebagai pusat gastronomi dunia menduduki peringkat kelima dari bawah. Mereka rupanya lebih suka ke bistro, ke restoran berbintang, memakai microwave dan memakai produk makanan beku daripada memasak di dapur.

Orang Prancis rata-rata menggunakan waktu 5.5 jam per minggu untuk memasak. Kurang dari seperempat bagian atau 24% orang Prancis mengekspresikan kecintaan pada makanan. Lebih kecil dibandingkan orang Amerika (37%) dan Inggris (26%).

Berbeda dengan orang Italia yang hampir setengah bagian (43%) menganggap makanan sebagai kecintaan pribadi. Disusul oleh Afrika (42%) dan Indonesia dan Meksiko (40%). Sedangkkan Polandia, Swedia, Belgia, Rusia dan Korea Selatan hanya 13% yang mengganggap makanan sebagai minat pribadi.

Mengenai ketrampilan memasak, Afrika Selatan dan India merupakan yang paling percaya diri dengan ketrampilannya. Setengah dari responden mengakui punya pengalaman memasak. Sebaliknya Korea Selatan dan Belgia paling kecil dengan ketrampilan ini.

Hasil riset Gfk menyebutkan tentang peringkat lamanya waktu masak per minggu di tiap negera. India 13.2 jam, Ukranina 13.1 jam, Afrika Selatan 9.5 jam, Indonesia 8.3 jam, Italia 7.1 jam dan Spanyol 6.8 jam. Peringkat yang dicapa Indonesia bisa jadi menunjukkan masih banyak orang Indonesia yang memasak sendiri hidangan tradisional untuk keluarganya.






(Odilia Winneke/Odilia Winneke)