Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: "Saya Bisa Pindah ke Indonesia"

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Jul 2018 15:30 WIB
Foto: YouTube Hari Jisun Foto: YouTube Hari Jisun
Jakarta - Hari Jisun adalah Youtuber Korea populer di Indonesia. Kemarin ia mengunggah video dirinya mengajak sang ibu cicip masakan Minang pertama kali. Reaksinya bikin senyum-senyum!

Baru sekitar setahun jadi Youtuber, Hari Jisun sudah punya lebih dari 572.000 subscriber. Wanita berdarah Korea ini sering mengunggah video makan mulai dari mencicip jengkol, seblak, ayam geprek hingga mie instan pedas.

Videonya jadi menarik lantaran memperlihatkan bagaimana eskpresi Jisun sebagai orang Korea mencicip makanan Indonesia pertama kali. Terlebih Jisun juga menggunakan sedikit bahasa Indonesia dalam videonya. Kalaupun berbahasa Korea, ia akan memberi tulisan terjemahan di dalam video.

Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: Ibu Jisun Kaget Melihat Tumpukan Piring Lauk (Foto: YouTube Hari Jisun)

Yang terbaru, Jisun mengajak ibunya mampir ke restoran Minang di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Ibu Jisun terkejut saat melihat banyaknya tumpukan piring lauk yang disajikan pegawai restoran. "Gimana makan ini semua," tanya sang ibu. Jisun pun menjelaskan bahwa ia hanya perlu membayar lauk yang sudah dicicip nantinya.

Masih dengan ekspresi terkejut, ibu Jisun bahkan penasaran dengan kobokan di atas meja makan, sampai-sampai ia mau meminumnya. Untung saja Jisun langsung menjelaskan kobokan itu ditujukan sebagai tempat mencuci tangan.

Gadis 27 tahun itu juga menjelaskan pada sang ibu bahwa makan makanan Minang paling enak pakai tangan. "Ada sendok garpu tapi katanya kalau di restoran Padang lebih nikmat makan pakai tangan. Kita coba belajar pakai tangan hari ini untuk nikmati masakan Padang," kata Jisun.

Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: Ibu Jisun Belajar Makan Pakai Tangan (Foto: YouTube Hari Jisun)

Mereka memilih ikan bakar sebagai santapan pertama. Ibu Jisun terlihat sangat menikmati ikan bakar bahkan sampai menyesap tulangnya. Saat ditanya Jisun bagaimana rasanya, ia hanya bilang, "Rasa ikan." Namun Jisun menilai sang ibu jago makan pakai tangan. "Mama pintar makan pakai tangan, lebih pintar daripada aku," kata Jisun dalam bahasan Indonesia.

Dendeng balado juga jadi santapan mereka. "Semua makanan di sini cocok dengan lidah orang Korea juga," kata sang ibu. Ia menilai lauk-lauk khas Minang sangat enak sampai makan satu porsi nasi saja tidak cukup. Ibu Jisun berujar, "Mungkin aku bisa pindah ke Indonesia, makanannya enak dan cocok dengan lidahku. Terus ada banyak makanan pedas."

Selanjutnya mereka mencicip rendang. Sejak awal Jisun sudah bilang ke ibunya bahwa rendang sangat enak. "Jadi ini daging sapi dimasak lama pakai santan," jelas Jisun pada ibunya. Makan-makan dilanjutkan dengan mencicip sayur singkong, ayam pop dan terakhir jengkol.

Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: Ibu Jisun Saat Cicip Jengkol (Foto: YouTube Hari Jisun)

Awalnya ibu Jisun ragu makan jengkol karena Jisun bilang makanan ini punya bau khas. Usai menggigit jengkol, ibu Jisun sempat terdiam lama. "Tidak terlalu bau, rasanya asin dan nagih," komentarnya. Sang ibu juga memberi kesimpulan pada masakan Minang, "Ini semuanya rasa baru tapi rasanya tidak aneh, enak banget dan cocok makan sama nasi."

Video Jisun berjudul "Mamaku pertamakali coba masakan Padang! (ft. jengkol)" ini sudah ditonton lebih dari 325.000 kali sejak diunggah kemarin (26/7). Banyak netizen menaruh komentar di video Jisun.

Cicip Masakan Minang, Ibu Youtuber Korea Ini: Komentar Ibu Jisun untuk Rasa Jengkol (Foto: YouTube Hari Jisun)

"Huaa, eonnie eomma saranghae. eomma makannya lahap sekali, jangan lupa balik ke Korea bawa masakan Padang eonnie sebagai oleh-oleh dari Indonesia," tulis Silvia Nurlingga. Ada juga yang menyarankan cara menghilangkan bau jengkol.

Johanes Clementes berujar, "Kalau mau hilangin bau jengkol habis makan minum vitamin B12. cukup 1 tablet saja jadi mulut dan toilet tidak bau." Kalau penasaran menontonnya, videonya bisa dilihat di sini. (adr/odi)