Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Jan 2019 09:40 WIB
Foto: Instagram @vonwong Foto: Instagram @vonwong
Jakarta - Limbah sedotan plastik terus bertambah dan merusak lingkungan. Sehingga seorang seniman memutuskan untuk membuat karya seni indah dari sedotan bekas.

Benjamin Von Wong merupakan salah satu seniman yang kini menarik perhatian banyak orang, melalui karya seninya bernama 'The Parting of the Plastic Sea'. Sesuai namanya, instalasi seni ini dibuat dari limbah sedotan, dengan tujuan agar orang-orang lebih perduli dengan lingkungan dari efek sedotan plastik.

Baca Juga: Minum Pakai Sedotan Plastik Bisa Bahayakan Kesehatan, Ini Sebabnya
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Seniman keturunan Asia dan Kanada ini, memang memiliki fokus utama untuk mengatasi masalah sedotan plastik yang semakin besar. Dia percaya bahwa orang-orang sekiranya masih bisa melakukan sesuatu untuk melestarikan lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik.

"Sedotan sangat sulit untuk di daur ulang, karena sedotan ini sangat ringan dan kecil. Sedotan juga produk yang bisa kita tolak di bar, kafe, hingga restoran," tutur Wong dilansir dari Next Shark (29/01).

"Misi saya adalah untuk mengambil sedotan ini, dikumpulkan, dicuci, kemudian disusun menjadi satu benda yang dapat di daur ulang, dan juga bisa menjadi perbincangan. Inilah yang sedang saya buat sekarang," lanjut Wong mengenai instalasi seninya ini.
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Dengan bantuan dari organisasi Zero Waste Saigon, ribuan relawan membantu Wong untuk mewujudkan pameran seni pertamanya di Vietnam dalam waktu enam bulan. Sekiranya ada 168.000 sedotan yang dikumpulkan, dibersihkan, dan dibuat menjadi struktur benda untuk pameran seni.

"Setelah berminggu-minggu penuh kerja keras, kami semakin beruntung. Starbucks Vietnam mendengar tentang gerakan ini, dan mereka menyumbangkan sedotan plastik yang ada di tempat sampah di seluruh Starbucks yang berada di kota Ho Chi Minh," ungkap Wong.

Karya seninya sendiri terdiri dari lingkaran ombak besar, dengan sosok figur seorang pria yang tengah membelah lautan plastik itu dengan aksen dan warna yang menarik, sekaligus dramatis.

Intalasi seni ini berdiri megah setinggi 3,3 meter, yang semua bagiannya terbuat dari sedotan plastik bekas.
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Megah dan uniknya karya seni milik Wong, berhasil menarik animo pengunjung yang meramaikannya dengan tagar #strawpocalypse di media sosial.

"Meski instalasi seni ini terbuat dari sedotan, tapi ini tidak hanya sedotan biasa. Ini merupakan langkah awal untuk mulai memperhatikan epidemi limbah plastik, yang mengancam lautan," pungkas Wong.

Instalasi seni ini dipamerkan di Estella Place, di Ho Chi Minh hingga tanggal 24 Maret nanti.

Baca Juga: Ini Alasan Sebaiknya Anda Berhenti Minum dengan Sedotan Plastik

(sob/odi)