Makanan Sehat Anak

Ikuti Trik Ini Agar Anak Mau Makan Sayur

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Jan 2019 10:43 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Banyak anak ogah menyantap sayuran, padahal nutrisi dari sayuran sangat dibutuhkan. Ibu harus pintar mengolah sajian makanan yang mengandung sayur.

Jessica selaku pemilik usaha bento membagikan tips untuk membuat anak tetap bisa makan sayuran. Cara ini bisa ditiru agar kebutuhan gizi anak terpenuhi tanpa memaksa anak makan.

1. Masak sayuran favoritnya
Ikuti Trik Ini Agar Anak Mau Makan Sayur Foto: Istimewa

Anak-anak pastinya akan lebih mudah makan kalau yang disajikan adalah makanan favoritnya. Coba cari tahu sayuran apa yang paling disuka.

Biasanya anak-anak suka makan bayam, wortel atau jagung. Olah sayuran ini jadi makanan yang menarik dan enak.

Baca juga : Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik Ini

2. Jangan dibuat pedas
Lidah anak-anak sensitif pada rasa pedas jadi buatkan masakan yang tidak pedas. Anak-anak cenderung suka makanan yang gurih, manfaatkan rasa ini sebagai bumbu untuk memasak sayuran.

Sekali anak trauma makan makanan pedas maka ia tidak akan mau menyantapnya lagi. Kalau bisa, ibu pisahkan masakan untuk si kecil dan masakan untuk orang tua.

3. Sembunyikan sayuran
Ikuti Trik Ini Agar Anak Mau Makan Sayur Foto: Istock

Anak-anak cenderung menganggap jika sayuran memiliki rasa pahit. Sebagai solusi, ibu bisa menyembunyikan sayuran dalam makanan favoritnya.

Misalnya campurkan wortel dan brokoli pada perkedel, telur dadar atau makanan lain yang anak-anak suka. Cara ini terbilang efektif karena anak tak melihat sayuran dalam bentuk utuh.

4. Buat sayuran goreng
Ikuti Trik Ini Agar Anak Mau Makan Sayur Foto: Istock

Sayuran memang tak disarankan digoreng, tapi sesekali boleh menyajikan sayuran yang diolah dengan cara digoreng. Ada beberapa sayuran yang bisa dibuat jadi tempura.

Jessica menyebutkan beberapa sayuran yang enak diolah dengan cara digoreng seperti keripik baayam, jamur goreng, buncis goreng dan wortel goreng.

Baca juga : Si Kecil Lagi Susah Makan? Jangan Khawatir, Atasi dengan 5 Cara Ini! (dvs/odi)