Si Kecil Lagi Susah Makan? Jangan Khawatir, Atasi dengan 5 Cara Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 19 Apr 2018 18:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Anak-anak memang sering kali menunjukkan ketidaksukaannya dengan makanan. Kalau suka menolak makanan, Anda tak perlu khawatir. 5 cara ini bisa mengatasinya!

Kebanyakan orang tua akan merasa gagal jika si kecil selalu menolak makanan sehat dan rewel saat makan. Hal ini sering terjadi ketika orang tua hendak memberikan sayur dan juga buah. Akan tetapi ternyata ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi anak yang rewel saat makan.

Dikutip dalam Daily Mail (18/04), Ciara Attwell seorang ibu sekaligus penulis buku resep My Fussy Eater ini memiliki trik untuk atasi anak yang susah makan.

Baca juga: Si Kecil Susah Makan? Coba Terapkan Pola Makan Ini untuk Mengatasinya

1. Tenang

Sebagai orang tua yang harus Anda lakukan adalah selalu mencoba untuk rileks dan cobalah untuk tidak terlalu stres. Kebanyakan orang tua mengakui bahwa ketika mereka berurusan dengan kerewal anak saat makan ini memang sangat menyulitkan. Namun jangan dijadikan beban, cobalah untuk bersikap santai.

Si Kecil Lagi Susah Makan? Jangan Khawatir, Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Thinkstock

2. Pengenalan makanan secara berulang

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa seorang anak mungkin harus ditawarkan makanan baru hingga 20 kali untuk menerimanya. Ini memang terkesan agak menakutkan, tetapi mulailah dengan memperkenalkan makanan yang sama secara berulang sampai ia suka. Misalnya, Anda benar-benar ingin memberikan brokoli cobalah beri beberapa kali.

Selanjutnya, dorong mereka mencoba dalam jumlah kecil secara perlahan. Jika Anda melakukannya dengan sabar tentu akan berbuah hasil yang optimal.

3. Perhatikan porsi

Orang tua memiliki kecenderungan ingin menyuapi anaknya dengan banyak makanan. Hati-hati dengan ukuran porsi, terutama untuk anak kecil dan balita karena lambungnya masih kecil.

Sebaiknya berikan terlebih dulu dengan porsi kecil. Jika kurang, barulah tambahkan.

Si Kecil Lagi Susah Makan? Jangan Khawatir, Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock


4. Libatkan si kecil

Ajaklah anak-anak ke dapur untuk membuat makanan bersama. Bukan hanya kue, tapi juga dalam persiapan makanan sehari-hari.

Untuk batita, Anda bisa memilih sayuran untuk makan malam atau membantu membuat sandwich. Semakin besar usia anak, akan semakin mudah memberikan tanggung jawab keterlibatan mereka di dapur.

5. Buat waktu makan lebih menyenangkan

Waktu makan bisa saja terasa membosankan untuk si kecil. Cobalah memberikan beberapa trik yang menyenangkan bagi anak. Misalnya saja menyajikan makanan si kecil dengan alat makan demgan gambar karakter kesukaanya dengan warna yang cerah.

Piring atau mangkuk camilan yang disukai anak juga dapat membantu si kecil makan berbagai buah dan sayur bersamaan. Tak hanya di potong biasa, Anda juga dapat membentuknya dengan cantik.

Baca juga: Si Kecil Suka Rewel Saat Makan? Atasi dengan 10 Cara Ini

(adr/odi)