Unik! Ini Lukisan Makanan Pertama Para Narapidana Setelah Bebas dari Penjara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 16:10 WIB
Foto: Instagram @juliegreen_art Foto: Instagram @juliegreen_art
Jakarta - Seorang pelukis handal melukis makanan pertama dari para narapidana setelah bebas dari penjara. Hasilnya, sebuah karya seni yang unik dan menarik.

Julie Green merupakan pelukis handal asal Amerika, yang memiliki fokus terhadap lukisan tentang makanan yang berhubungan dengan penjara. Setidaknya Julie sudah berhasil melukis 800 menu makanan terakhir dari para narapidana yang dijatuhkan hukuman mati.

Baca Juga: Di Tangan Seniman Ini, Kantung Teh Bekas Disulap Jadi Lukisan yang Cantik!
Unik! Ini Lukisan Makanan Pertama Para Narapidana Setelah Bebas dari PenjaraFoto: Instagram @juliegreen_art
Kini Julie kembali dengan karya terbarunya, masih berhubungan dengan makanan dan penjara. Tapi kali ini lebih membahas tentang makanan pertama, yang dipilih narapidana setelah mereka bebas dari hukuman.

Dilansir Munchies (24/01), dibawah nama 'First Meal', Julie menggambarkan makanan-makanan, restoran, hingga piring ketika para narapidana ini menyantap makanan mereka di udara bebas. Untuk merampungkan proyeknya, Julie berkolaborasi bersama Northwestern University Center dan Wrongful Convictions, yang menanyakan makanan pertama pilihan para mantan narapidana yang tak bersalah.

Setelah mengumpulkan jawaban dari para mantan narapidana, Julie kemudian mulai melukis makanan-makanan tersebut di atas kanvas. Salah satu karyanya lukisannya berisi makanan seperti kerang, taburan keju, dan sayuran yang dimakan oleh mantan narapidana bernama Kristine Bunch. Kristine menjalani hukuman penjara selama 16 tahun lamanya.
Unik! Ini Lukisan Makanan Pertama Para Narapidana Setelah Bebas dari PenjaraFoto: Instagram @juliegreen_art
Lukisan lain menggambarkan tentang seekor lobster yang mengapung di atas pemandangan kota London. Untuk memperingati Valentino Dixon, yang pergi ke restoran Red Lobster di London setelah dipenjara selama 27 tahun meski ia terbukti tak bersalah.

Julie mengatakan bahwa rangkaian karya lukisannya ini merupakan lanjutan dari proyek terdahulunya yaitu 'Last Supper', yang menggambarkan tentang makanan terakhir para narapidana.

Menurut Sara Sommervold, pengacara di organisasi Wrongful Convictions, makanan pertama ini merupakan titik balik dari mantan narapidana. Di mana selama bertahun-tahun mereka tidak bisa memilih makanan yang mereka inginkan di penjara, apalagi makanan di penjara dikenal memiliki kualitas yang rendah dan tidak sehat.
Unik! Ini Lukisan Makanan Pertama Para Narapidana Setelah Bebas dari PenjaraFoto: Instagram @juliegreen_art
Lewat lukisan 'First Meal' ini bisa menunjukkan bahwa masih ada sisi kemanusiaan bagi para narapidana yang ada di penjara. Julie pun merasa senang bisa berbicara dengan para mantan narapidana yang terbukti tidak bersalah, namun tetap menjalankan hukuman mereka di penjara.

"Tentu saja makanan pertama pilihan mereka ini merupakan sebuah bentuk perayaan. Tapi itu semua tidak bisa menggantikan waktu yang hilang ketika mereka masuk ke penjara," pungkas Julie.

Baca Juga: Bisa Tebak? Mana Gambar Makanan dan Mana Makanan Sungguhan? (sob/odi)