Makanan Sehat Anak

Mau Beli Camilan Buat Anak? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 15:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Banyak produk snack untuk anak yang beredar di pasaran. Sebelum membeli snack, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari kandungan gizi hingga bahan pembuatnya.

Tidak sulit untuk menemukan produk snack atau camilan ringan, yang sehat dan aman untuk dikonsumsi anak-anak. Hanya saja para orang tua harus lebih jeli dan teliti. Beberapa hal harus diperhatikan, seperti komposisi bahanmakanan, bahan tambahan yang digunakan hingga porsinya.

Dilansir Eats Amazing UK (25/01), berikut tips membeli camilan untuk anak-anak.

Baca Juga: Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Mudah Dibuat Sendiri


1. Jangan tertipu promosi

Mau Beli Camilan Buat Anak? Ini Hal Penting yang Harus DiperhatikanFoto: iStock
Banyak produk makanan atau snack untuk anak-anak yang dipenuhi dengan label sehat dan natural. Jangan gampang percaya, Anda harus teliti membaca label nutrisi yang ada di belakang kemasan. Pastikan bahwa semua nutrisi yang ditawarkan, benar-benar ada di komposisi bahan makanan tersebut.


2. Hindari garam


Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Biasakan memilih snack atau makanan ringan, yang punya kadar garam rendah. Biasanya di tabel nutrisi pada kemasan akan tertera jumlah sodium atau natrium yang ada. Semakin tinggi jumlahnya, maka semakin banyak tambahan garam dalam produk snack tersebut.


3. Komposisi makanan

Mau Beli Camilan Buat Anak? Ini Hal Penting yang Harus DiperhatikanFoto: iStock
Carilah produk snack dan makanan untuk anak yang menggunakan bahan-bahan yang sudah dikenal atau umum. Hindari membeli produk makanan, dengan komposisi makanan yang aneh, dan nama bahan-bahan makanan yang masih asing. Karena akan sulit untuk mengetahui apakah bahan makanan tersebut aman dikonsumsi untuk anak-anak atau tidak.


4. Bahan sedikit


Carilah produk makanan yang memiliki komposisi bahan makanan sedikit. Semakin sedikit bahan makanan yang digunakan, maka semakin rendah risiko makanan tersebut menggunakan bahan kimia atau pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Jaid carilah yang pendek daftar bahan-bahannya.


5. Snack bernutrisi


Pilihlah snack atau camilan anak yang mengandung protein tinggi dan serat. Akan tetapi perlu dibatasi juga nutrisi tambahan seperti karbohidrat, gula fruktosa, dan sukrosa yang tidak diperlukan dalam jumlah banyak. Karena kandungan ini jauh lebih sehat jika didapatkan dari buah hingga sayuran secara langsung.


6. Porsi sajian

Mau Beli Camilan Buat Anak? Ini Hal Penting yang Harus DiperhatikanFoto: iStock
Untuk menghindari anak-anak menyantap camilan dan snack dalam satu waktu. Baca jumlah sajian per kemasan, yang biasanya tersedia di belakan produk kemasan. Jika di kemasan tetera, tiga sajian per kemasan artinya dalam satu bungkus itu porsinya bisa dibagi menjadi tiga kali waktu makan. Sehingga anak-anak tidak makan berlebihan.

Baca Juga: Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik Ini (sob/sob)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak