Daging Ayam KFC Disebut Tak Matang, Ini Penjelasan KFC Inggris

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 14:30 WIB
Foto: KFC Foto: KFC
Jakarta - Seorang ibu telah mengabadikan foto fried chicken setengah matang. Menanggapi unggahan ini pihak KFC Inggris pun beri penjelasan.

Datang ke restoran KFC di Hull, Inggris. Seorang ibu yang sedang asyik menikmati fried chicken justru kaget saat menemukan warna daging yang masih merah. Ia pun membagikan foto-foto ayam yang terlihat agak 'menjijikan'.

Daging Ayam KFC Disebut Tak Matang, Ini Penjelasan KFC InggrisFoto: Istimewa

Gambar tersebut menunjukkan sepotong daging ayam yang masih merah. Dan disajikan dalam kotak makan KFC. Wanita yang tak mau disebutkan namanya ini menuliskan,"Ya Tuhan ini dari KFC di Kingswood, awasi makananmu".

Baca juga: Dukung Gaya Hidup Sehat, KFC Uji Coba Ayam Goreng untuk Vegetarian

Ia mengajukan keluhan kepada KFC dan mengatakan bahwa ia bukan ssatu-satunya orang yang tidak puas dengan layanan di KFC Kingswood.

"Saya bukan yang pertama mengeluhkan hal ini dan menurut saya tidak akan menjadi yang terakhir. KFC buta akan hal ini. Unggahan saya hanya semata-mata untuk memperingatkan orang-orang agar melihat makanan mereka."

Dari unggahannya itu, para netizen juga ikut berkomentar. Beberapa ada yang mengatakan bahwa ayam tersebut tidak mentah karena sudah diungkep.

Salah satu netizen juga mengatakan,"Tidak mungkin diungkep, itu tidak matang Anda bisa melihatnya hanya dari foto."

Daging Ayam KFC Disebut Tak Matang, Ini Penjelasan KFC InggrisFoto: Istimewa

Sementara banyak orang yang menanggapinya dengan hal negatif. Namun satu orang mengklaim bahwa mereka percaya warna kemerahan itu disebabkan oleh rempah-rempah yang digunakan pada ayam.

"Rempah-rempah yang mereka gunakan akan mengenai daging. Ketika daging ayam dengan kualitas rendah digunakan, cenderung ada darah di dalam tulang yang menyerap ke dalam daging," tulis salah seorang netizen.

Pendapat lain menyebutkan,"Terlihat baik dan matang. Alasan mengapa ini terjadi karena mungkin usia ayam yang mereka gunakan terlalu muda. Ayam berusia muda memiliki tulang yang tipis dan rapuh karena mioglobinnya bocor ke dalam daging dan tulang rawan sehingga terlihat merah."

Baca juga: Terungkap! Ini Rahasia Dibalik Ayam Goreng KFC yang Renyah Gurih

Dikutip dalam Metro (23/01), seorang juru bicara KFC mengatakan,"Kami tahu itu kelihatannya tidak bagus. Tetapi ini sebenarnya adalah pewarna alami yang disebabkan oleh tulang sehingga terkesan tampilannya kurang matang."

Ia menambahkan,"Ini kadang-kadang bisa terjadi pada ayam segar. Itu tidak berbahaya tetapi kami mohon maaf atas pengalaman yang tidak nyaman. Kami akan menyambut kedatangan Anda di kunjungan berikutnya dengan makan gratis." (lus/odi)