Terlalu Banyak Makan Pisang dan Jeruk, Pria Ini Alami Kelumpuhan

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 23 Jan 2019 18:05 WIB
Foto: World of Buzz Foto: World of Buzz
Jakarta - Pria ini alami kelumpuhan lantaran sering mengonsumsi pisang dan jeruk. Itu karena kedua buah itu ia konsumsi dalam jumlah banyak.

Buah memang masuk kategori bahan makanan yang menyehatkan. Tapi sama seperti bahan lain, buah juga tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Terlalu banyak mengonsumsi buah dalam satu waktu justru berakibat fatal bagi tubuh. Contohnya kejadian pahit yang dialami seorang pria bermarga Wang.

Terlalu Banyak Makan Pisang dan Jeruk, Pria Ini Alami KelumpuhanFoto: Apple Daily
Pria berusia 60-an itu harus mendapat perawatan intensif lantaran terlalu banyak mengonsumsi buah pisang dan jeruk. Wang dilarikan ke rumah sakit karena tiba-tiba merasa badannya mati rasa dan mengalami kelumpuhan.

Para dokter menyebut kalau masalah Wang masuk kategori serius dan perlu diperiksa lebih lanjut. Usai melalukan tes lanjutan, pihak keluarga Wang terkejut lantaran kelumpuhan yang dialami Wang terjadi karena kebiasaan makan buah berlebih.

Baca juga: Kalau Dimakan di Jam yang Salah, 11 Makanan Ini Bisa Memicu Penyakit (2)

Terlalu Banyak Makan Pisang dan Jeruk, Pria Ini Alami KelumpuhanFoto: Istimewa
Menurut World of Buzz seperti dikutip dari ET Today (22/1), pria yang tinggal di wilayah Xi'an, Shaanxi, China itu melahap sebanyak 2,5 kilogram pisang dan hampir sebesar 3 kilogram jeruk dalam waktu seminggu. Itu karena Wang sangat percaya kalau kedua buah itu menyehatkan tubuh.

Berdasarakan laporan para dokter, kelumpuhan yang dialami Wang berawal dari tidak berfungsinya ginjal dengan baik. Itu karena buah-buahan yang Wang konsumsi yakni, jeruk dan pisang mengandung potasium yang cukup tinggi. Hal itu sangat merugikan ginjal. Sebab ginjal tidak dapat menghilangkan potasium berlebih pada waktunya sehingga menyebabkan hiperkalemia.

Terlalu Banyak Makan Pisang dan Jeruk, Pria Ini Alami KelumpuhanFoto: Apple Daily
Tak heran jika dalam kasus serius seperti yang dialami Wang, tubuh akan mengalami kelumpuhan, serangan jantung bahkan berakibat kematian seperti dilaporkan Healthline.

Untuk itu, para dokter menyarankan agar orang yang memiliki penyakit ginjal tidak lagi mengkonsumsi makanan tinggi potasium. Seperti kentang, tomat, pisang, dan lainnya agar ginjal tidak bekerja terlalu berat.

Baca juga: Hanya Sarapan Pisang Saja Kurang Menyehatkan, Ini Sebabnya (dwa/lus)