ADVERTISEMENT

Hanya Sarapan Pisang Saja Kurang Menyehatkan, Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 04 Okt 2018 06:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pisang dianggap sebagai buah yang praktis, sehat, dan bernutrisi tinggi. Tetapi jika pisang dikonsumsi saar sarapan efeknya kurang baik untuk kesehatan.

Pisang merupakan buah yang populer dan praktis buat sarapan. Bisa langsung dibawa dan dimakan di mana saja. Apalagi mengandung nutrisi penting.

Dalam 1 buah pisang sedang mengandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 14,4 gram gula, 422.44 mg pottasium dan 1,3 gram protein, serta tak mengandung kolesterol.
Sarapan Pisang Kurang Baik Untuk Kesehatan, Isi SebabnyaFoto: iStock
Pro dan kontra seputar buah pisang jadi menu sarapan yang sehat, memang sudah diperdebatkan sejak dulu. Menurut Elite Daily (03/10), mengonsumsi pisang ketika sarapan tidak sesehat yang diduga orang.

Baca Juga: Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!

Faktanya, mengonsumsi buah pisang pada pagi hari dapat mengacaukan pola makan. Meski buah pisang kaya akan potassium, magnesium, dan serat. Tapi menurut Dokter Daryl Gioffre selaku ahli gizi, pisang seharusnya dihindari saat sarapan.
Sarapan Pisang Kurang Baik Untuk Kesehatan, Isi SebabnyaFoto: iStock
Ia menjelaskan bahwa pisang mengandung gula yang tinggi, sehingga dapat mendorong energi dengan cepat.Nantinya tubuh akan merasa lebih lelah dan lapar. Apalagi pisang membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang, sehingga orang akan merasa ngantuk dan kelelahan.

Tidak hanya itu, pisang ternyata tidak terlalu sehat untuk sistem pencernaan. Kandungan gula dalam bentuk apapaun, akan melalui proses fermentasi ketika masuk ke tubuh, sehingga menghambat sistem pencernaan Anda.
Sarapan Pisang Kurang Baik Untuk Kesehatan, Isi SebabnyaFoto: iStock
Tapi menurut ahli gizi Dokter Anju Sood, pisang tidak harus dihindari sepenuhnya. "Sebenarnya tidak hanya pisang saja yang harus dihindari. Kini banyak buah-buahan yang sudah dicampur dengan kimia, dan tidak alami lagi. Satu-satunya cara untuk menghindari hal ini, dengan mencampur buah bersama makanan lain," tuturnya.

Dokter Anju menyarankan untuk mengonsumsi pisang dengan makanan lain, seperti oatmeal, puding, roti, pancake, atau waffle.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Makan Pisang Bersamaan dengan Minum Susu (sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT