Tak Punya Tangan Kiri, Wanita Ini Gunakan Benjolan di Tangannya untuk Masak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 22 Jan 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Keterbatasan fisik tak menghalangi Alexis Hillyard berkreasi di dapur. Ia menemukan benjolan di tangan kirinya justru menjadi alat masak unik.

Dikutip dari Daily Mail (18/1), Alexis tak memiliki tangan kiri sempurna karena alami amniotic band syndrome sebelum lahir. Akibatnya di tangan kiri wanita Kanada ini hanya terdapat benjolan sangat kecil.

Awalnya Alexis mengaku minder karena orang-orang memandang aneh tangannya. "Saat menuju dewasa, saya mendapat banyak pertanyaan dari teman-teman seputar tangan saya. Beberapa kali saya juga menyembunyikan tangan saat orang-orang melihatnya terlalu sering," ujarnya.

Tak Punya Tangan Kiri, Wanita Ini Gunakan Benjolan di Tangannya untuk MasakFoto: Istimewa

Baca Juga: Luar Biasa! 5 Restoran Ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Meski begitu, Alexis tak patah semangat menjalani hidupnya. Ia memilih jadi vegan pada tahun 2010 setelah dinyatakan intoleransi gluten. Mulai dari sinilah Alexis terbiasa masak sendiri hidangan untuk dirinya.

Setelah beberapa kali masak, ia menyadari benjolan di tangannya bisa dimanfaatkan sebagai juicer atau spatula. "Dan ini membuat kegiatan masak benar-benar jadi menyenangkan," ujar wanita 36 tahun ini.

Tak Punya Tangan Kiri, Wanita Ini Gunakan Benjolan di Tangannya untuk MasakFoto: Istimewa

Alexis menambahkan, "Saya menggunakan benjolan sebagai spatula untuk mengeruk adonan langsung dari mangkuk. Saya juga memakainya untuk menghancurkan kentang alih-alih memakai alat penghancur makanan."

Alexis lalu membuat acara YouTube Stump Kitchen pada 2016. Lewat acara ini ia ingin menunjukkan betapa pentingnya merayakan keunikan pada diri sendiri.

Tak Punya Tangan Kiri, Wanita Ini Gunakan Benjolan di Tangannya untuk MasakFoto: Istimewa

Kini akun YouTube-nya sudah memiliki lebih dari 2.775 subscribers. Ia sering membagikan resep aneka masakan di sini sambil mengobrol dengan penontonnya.

"Melalui Stump Kitchen, saya ingin menyampaikan pada orang-orang bahwa kamu pantas dirayakan untuk siapa dirimu, dan bahwa caramu bertindak melalui dunia ini indah," pungkas Alexis.

Baca Juga: Inspiratif! Kedai Kopi Ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas

(adr/adr)