Makanan Sehat Anak

Ini Pentingnya Nutrisi Anak Usia Sekolah Harus Tercukupi

Devi Setya - detikFood Senin, 21 Jan 2019 16:08 WIB
Foto: Istock
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Usia sekolah adalah masa emas tumbuh kembang anak. Di usia 6-12 tahun juga anak-anak sedang senang jajan karena di masa ini terjadi peningkatan nafsu makan.

Para ibu yang memiliki anak usia Sekolah Dasar (SD) rata-rata mengalami masalah sama dalam urusan memberi makan si kecil. Anak-anak di usia ini sedang antusias mencoba berbagai makanan yang menurutnya menarik.

Apalagi di masa awal usia sekolah, anak mulai mengenal lebih banyak jenis jajanan. Secara alami, anak usia 6-12 tahun juga mengalami peningkatan nafsu makan. Di sinilah para ibu harus berperan aktif memperhatikan apapun yang diasup sang anak.
Ini Pentingnya Nutrisi Anak Usia Sekolah Harus Tercukupi Foto: Istock

Baca juga : Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan Sehat

Membatasi anak mengonsumsi makanan warna-warni adalah salah satu langkah tepat. Pasalnya banyak jajanan berwarna mencolok yang dibuat dengan Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya.

Belum lagi jajanan dengan gula berlimpah, minyak banyak dan jajanan lain yang sebenarnya tak mengandung nilai gizi. Sebagai solusi, ibu harus paham betul kebutuhan gizi buah hati.

Anak usia SD membutuhkan banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat dan vitamin. Kebutuhan yodium pada anak usia sekolah juga harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya tak terganggu.
Ini Pentingnya Nutrisi Anak Usia Sekolah Harus Tercukupi Foto: Istock

Semua nutrisi anak bisa dipenuhi lewat asupan makanan yang disantap sehari-hari. Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk mengolah makanan sendiri di rumah, buatkan menu sarapan, bekal sekolah hingga makan malam anak.

Jika kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, maka dampak positif bisa dilihat langsung. Seperti berat dan tinggi badan ideal, perkembangan kognitif optimal serta menurunkan risiko terpapar penyakit kronis.
Ini Pentingnya Nutrisi Anak Usia Sekolah Harus Tercukupi Foto: Istock

Baca juga : Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 Tahun

Pada ulasan kali ini detikFood akan membahas seputar gizi anak khususnya anak usia SD. Mulai dari nutrisi yang mereka butuhkan hingga membuat olahan makanan yang menarik untuk mereka. Hal ini juga berkaitan dengan Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap 25 Januari. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya!

(dvs/adr)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak