Enak dan Sehat, Toko Kue Ini Buat Roti Berbahan Tepung Jangkrik

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Jan 2019 13:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu toko kue di Finlandia menarik perhatian dengan kreasi roti terbaru mereka. Roti ini menggunakan tepung jangkrik kering.

Fazer Bakery mengklaim bahwa roti jangkrik buatan mereka memiliki rasa yang enak. Setidaknya dibutuhkan sekitar 70 ekor jangkrik untuk membuat satu loyang roti. Mereka sengaja menggunakan tepung yang diproses dari jangkrik kering.

Baca Juga: Mau Cicip Burger Jangkrik yang Renyah Lezat Ini?
Enak dan Sehat, Toko Kue Ini Buat Roti Berbahan Tepung JangkrikFoto: Istimewa
Dikabarkan Mirror UK (19/01), toko kue ini membeli tepung jangkirk dari Belanda karena mereka menganggap bahwa kandungan jangkrik dalam roti memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan roti biasa.

Apalagi negara Finlandia baru-baru ini menghapus larangan penggunaan serangga di dalam makanan, sehingga Fazer Bakery bisa memproduksi roti jangkrik dalam skala yang besar.

"Jangkrik ini diolah menjadi tepung, dan setelah itu tepung ini diolah menjadi adonan dan dipanggang hingga menjadi berbagai produk roti yang enak," ungkap Markus Hellstrom selaku CEO dari Fazer Bakery.
Enak dan Sehat, Toko Kue Ini Buat Roti Berbahan Tepung JangkrikFoto: Istimewa
"Kami ingin menjadi yang pertama dalam revolusi makanan. Kami ingin mendorong pertumbuhan roti di kategori artisan bread, atau roti yang dibuat dengan tangan. Di Fazer Bakery, kita bisa membuat berbagai kue dan mencobanya. Salah satunya roti dari jangkrik," lanjutnya.

Jangkrik atau serangga sebagai makanan bukan lagi hal yang baru. Menurut data dari Food Insider, setidaknya ada lebih dari 2 miliar orang di dunia yang mengonsumsi aneka serangga.

Banyak yang mengklaim bahwa serangga jauh lebih kaya akan asam lemak, kalsium, zat besi, dan vitamin B12. Tapi tidak semua orang setuju dengan hal ini. Banyak yang mengkritik penggunaan jangkrik dalam roti.
Enak dan Sehat, Toko Kue Ini Buat Roti Berbahan Tepung JangkrikFoto: Istimewa
Di sosial media, para netizen justru merasa jijik membayangkan jangkrik diolah menjadi roti.

"Itu menjijikkan. Saya tinggal di Finlandia dan saya merasa terkhianati," tulis seorang netizen, yang disetujui oleh netizen lainnya.

Baca Juga: Pasta dari Prancis Ini Dibuat Menggunakan Bahan Jangkrik (sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com