Keren! Es Krim Durian Asal Sumut Tembus Pasar Global hingga Ke Brasil

Devi Setya - detikFood Kamis, 17 Jan 2019 16:30 WIB
Foto: istock
Jakarta - Durian asal Sumatera Utara memang diakui enak dan lezat. Tak heran kalau durian ini berhasil menembus pasar global dalam bentuk es krim.

Dikabarkan Asia One (17/1) es krim durian asal Sumut ini bisa dengan mudah ditemui di beberapa swalayan di luar negeri. Sebut saja di Singapura, Korea Selatan, Australia atau Jepang, es krim ini selalu ada di lemari pendingin.

Es krim durian yang ada di negara-negara ini didatangkan langsung dari Indonesia. Jenis durian yang digunakan asli berasal dari tanah Sumut, termasuk dari Medan.
Keren! Es Krim Durian Asal Sumut Tembus Pasar Global hingga Ke Brasil Foto: istock

Baca juga : Pencinta Durian? Kalau ke Medan Wajib Mampir ke 2 Tempat Ini!

Kepala Dinas Petanian dan Holtikultura Sumatera Utara, Yusfahri mengatakan setidaknya ada 10 negara yang rutin mengimpor durian asli Sumatera Utara. Negara ini antara lain Jepang, Korea Selatan, China, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Australia dan Brasil.

Ekspor durian ini bukan hal baru, kegiatan ini sudah berjalan setidaknya sejak tujuh tahun terakhir. Dari semua negara ini, Malaysia yang tercatat paling banyak mendatangkan durian Sumut.

Dari data tahun 2017 menunjukkan Malaysia mengimpor 901,21 kg durian, disusul Jepang 480,17 kg, Vietnam 371,90 kg, Brasil 284,20 kg dan Thailand 240,60 kg.

Dari jumlah ini durian yang diterbangkan ke berbagai negara ini sudah dalam bentuk olahan, artinya bukan durian utuh yang masih berkulit. Yusfahri mengatakan durian sudah diproses untuk memudahkan dagingnya diolah jadi es krim.

Selain 10 negara tersebut, masih banyak negara Asia hingga Amerika Selatan yang juga tergoda mendatangkan durian asal Sumut ini. Sayangnya semua permintaan belum bisa terpenuhi karena keterbatasan stok durian di Sumut.

"Kami kewalahan dengan pesanan. Masalahnya adalah pasokan karena sebagian besar durian masih dipasarkan di dalam negeri juga," kata Yusfahri.

Rasa dan aroma yang khas dan kuat menjadikan durian Sumut laris manis jadi buruan masyarakat negara lain. Di dalam negeri pun durian Sumut memiliki pesona dan daya tarik sendiri.
Keren! Es Krim Durian Asal Sumut Tembus Pasar Global hingga Ke Brasil Foto: istock

Baca juga : Pencinta Durian Harus Cicip Durian Bakar yang Lembut Manis Ini

Lukman, pedagang durian di Medan, Sumatera Utara, mengatakan pembelinya berasal dari berbagai provinsi dan bahkan dari luar negeri. Dia mengatakan bisa menjual hingga 300 durian dalam sehari.

"Kadang-kadang, saya tidak bisa memenuhi semua permintaan, terutama selama akhir pekan," kata Lukman. (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com