Pencinta Durian Harus Cicip Durian Bakar yang Lembut Manis Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 10 Jan 2019 14:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Malaysia terkenal dengan duriannya yang enak. Olahan raja buah ini juga begitu banyak termasuk durian bakar yang jadi favorit para turis.

Bukan hanya dimakan langsung, orang Malaysia punya cara kreatif untuk mengolah durian. Mulai dari dijadikan es krim, isian sus, hingga topping pizza. Kini yang sedang hits adalah olahan durian bakar.

Dikutip dari World of Buzz (10/1), salah satu penjual durian bakar ada di Jalan Gaya Food Night Market, Kota Kinabalu. Menu ini dijual RM 60 atau sekitar Rp 205.000 per buah.

Pencinta Durian Harus Cicip Durian Bakar yang Lembut Manis IniFoto: Istimewa


Baca Juga: Bukan Hanya Daging Cincang, Bakso dari Jombang Ini Isinya Durian!

Adalah Dennis Chan, sosok yang beride memunculkan menu durian bakar. Ia terinspirasi dari gerai makanan di dekatnya yang menjual kelapa muda bakar. "Sejak saya berjualan di sini bulan lalu, durian bakar jadi menu populer di kalangan turis China, Korea Selatan, dan masyarakat lokal pencinta durian," kata Dennis.

Untuk membuatnya, durian dibungkus aluminium foil sebelum dibakar sekitar 45 menit sampai kulitnya menghitam. Pemakaian api arang membuat aroma durian bakar jadi harum enak. Dennis menjual durian bakar ini hanya pada Jumat dan Sabtu, mulai pukul 6 sore sampai 2 pagi.

Pencinta Durian Harus Cicip Durian Bakar yang Lembut Manis IniFoto: Istimewa

Bukan hanya di Malaysia, durian bakar sebenarnya juga sudah populer di beberapa daerah di Indonesia. Untuk menikmati durian ini sebaiknya tunggu hangat beberapa saat usai dibakar.

Kabarnya daging durian terasa lembut dan creamy tanpa aroma yang terlalu menyengat. Cocok bagi mereka yang tak terlalu suka aroma durian.

Baca Juga: Bikin Ngiler! 10 Olahan Durian dari yang Manis Sampai Asin Gurih

(adr/odi)